Profil Negara Kuwait

 

PROFIL NEGARA KUWAIT



 

UMUM

Nama negara

Negara Kuwait (State of Kuwait/Dawlat al-Kuwait).

 

Ibukota

Kuwait City (Luas 200 km2)

 

Hari nasional

25 February (memperingati National Day)

26 February (memperingati Liberation Day)

 

Lagu kebangsaan

"Al-Nasheed Al-Watani"

 

Bendera

Bendera Kuwait merupakan bendera triwarna horisontal hijau, putih, dan merah dengan segitiga sama sisi hitam yang dipotong ujungnya (sehingga menjadi sebuah trapesium) di bagian tiang bendera. Arti warna bendera ini berasal dari puisi Safie Al-Deen Al-Hali:

Putih untuk perbuatan kita

Hitam untuk pertempuran kita

Hijau untuk tanah kita

Merah untuk pedang kita


 

Lambang negara

Lambang Kuwait (bahasa Arab: شعار الكويت) menampilkan seekor elang Quraisy yang sedang mengembangkan sayapnya dengan perisai bergambar bendera didadanya. Kedua sayapnya yang terbuka lebar itu membentuk bulatan yang didalamnya terdapat gambar kapal Boom, kapal tradisional Kuwait, yang melambangkan tradisi kelautan negara ini. Sementara elang merupakan lambang suku Quraisy yang merupakan suku dimana Nabi Muhammad berasal. Diatas gambar kapal terdapat tulisan dalam bahasa Arab yang memiliki arti 'Negara Kuwait' (Daulat Al Kuwait)

 

Bahasa

Arab. Bahasa Inggris banyak juga digunakan di perkotaan.

 

Agama

Mayoritas penduduk Kuwait adalah Muslim Sunni  dengan minoritas yang cukup signifikan dari Muslim Syiah . Negara ini juga memiliki komunitas pribumi yang memeluk agama Kristen walaupun tidak banyak Ada pula sejumlah kecil warga Kuwait yang menganut agama Baha'i . Islam 85% (Sunni 70%, Syiah 30%); Kristen, Hindu, Parsi, dan lainnya 15%.

Disamping itu Kuwait juga memiliki komunitas besar ekspatriat yang beragama Kristen ,Hindu, Budha, dan Sikh.

 

Suku bangsa

Kuwaiti 45%, bangsa Arab lainnya 35%, Asia Selatan 9%, Iran 4%, lainnya 7%.

 

Mata uang

Mata uang Kuwait adalah Kuwait Dinar (KD) dan merupakan mata uang dengan nilai tertinggi di dunia diatas US Dollar maupun Euro. Uang kertas dengan nominal: KD 1/4,KD 1/2, KD 1, KD 5, KD 10 dan KD 20, sedangkan uang logam dengan nominal: 5 fils, 10 fils, 20 fils, 50 fils dan 100 fils (KD 1 = 1000 fils)

                                                                                                                                                                                         

Kalender

Penanggalan Masehi

 

Hari libur

Jumat dan Sabtu. Idul Fitri, Idul Adha umumnya libur 1 (satu) minggu.

 

Jam kerja

Kantor pemerintah 07.00 – 14.00; pertokoan 09.00 – 22.00 (14.00 – 16.00 tutup). Hari Jumat, pertokoan umumnya baru buka setelah Shalat Ashar.

 

Waktu

GMT +3 jam, WIB –4 jam (tidak ada perbedaan waktu untuk seluruh wilayah Kuwait).

 

Kode telepon

Kode negara (965)

 

GEOGRAFI

Letak

Terletak di ujung utara Saudi bagian timur dan juga merupakan ujung dari Teluk Arab/Persia.

 

Luas wilayah

17,818 km2 (sekitar ½ luas propinsi Jawa Barat)

 

Batas negara

Kuwait berbatasan langsung dengan Irak dan Arab Saudi

 

Kondisi daratan

Hampir semua wilayah negara ini datar dan bergurun pasir dengan bukit-bukit kecil.

 

Iklim

Pada musim panas (Mei – Agustus) suhu bisa mencapai 50 derajat celcius sementara di musim dingin (November – Januari) suhu bisa turun hingga 0 derajat celcius. Diantara kedua musim tersebut ada musim peralihan yang suhunya sekitar 20 – 30 derajat. Curah hujan minim (25mm-180mm), sebagian besar jatuh antara bulan Oktober dan April. Iklim Kuwait adalah salah satu yang terpanas dan terkering di dunia.

 

Topografi

Wilayah bagian barat lebih tinggi daripada wilayah bagian timur. Tidak terdapat sungai dan danau. Al-Jahra (50 km sebelah barat Kota Kuwait) merupakan kota oasis sehingga menjadi pusat pertanian yang menghasilkan buah-buahan dan sayuran. Kuwait memiliki dua pulau besar yaitu pulau Bubiyan (pangkalan militer) dan pulau Failakha (daerah wisata).

 

Sumber daya alam

Kuwait sangat kaya dengan cadangan minyak dan gas alam. Cadangan minyak yang sudah diketahui sebesar 96,8 milyar barel, merupakan 10% cadangan minyak dunia dan nomor 4 di dunia. Cadangan  gas alam sebesar 1,498 triliun meter kubik.

Kuwait memiliki sumber air bersih di Al-Rawdatayn dan Al-Shiqāyā, namun tidak mencukupi kebutuhan air bersih nasional. Kebutuhan air bersih didapat melalui penyulingan air laut.

 

Kota-kota utama

Kuwait City, Ahmadi , Jahra.

 

Penduduk

Pada tahun 2014 penduduk Kuwait adalah sebanyak 4,1 juta orang, dimana 1,2 juta adalah WN Kuwait , 1,1 juta adalah Arab , 1,4 juta ekspatriat Asia dan 76.698 orang Afrika.

 

POLITIK DAN PEMERINTAHAN

 

Bentuk negara

Monarki (Emirat) Konstitusional

  • Emir                                        :           Sabah Al Ahmad Al Jaber Al Sabah
  • Putra Mahkota                      :           Nawaf Ahmad al - Sabah
  • Ketua Majelis Nasional         :           Marzouq Ali al - Ghanim
  • Perdana Menteri                   :           Jaber Mubarak al - Sabah


Sistem Pemerintahan

Parlementer --- dapat menjatuhkan Menteri dan Perdana Menteri.

 

Parlemen

Disebut dengan Dewan Nasional (Majlis al-Ummah). Anggota Dewan Nasional terdiri atas 75 anggota, di mana 50 orang dipilih lewat suara rahasia dan 25 sisanya diangkat oleh Emir. Masa bakti Dewan Nasional 4 tahun. Tugasnya membuat UU dan mengawasi pemerintahan. Dewan Nasional berhak untuk bertanya, interpelasi, dan melancarkan mosi tidak setuju atas para menteri.

 

Sistem hukum

Merupakan perpaduan dari 'British common law', 'French civil law', 'Egyptian civil law' dan hukum Syariah.

 

Partai politik

Tidak ada

 

Kepala Negara/Pemerintahan

Badan politik negara terdiri atas Emir, kabinet, dan Dewan Nasional. Emir adalah kepala negara. Ia mengangkat dan memberhentikan perdana menteri dan para menteri setelah melakukan konsultasi secara kekeluargaan. Emir juga menentukan pewaris kekuasaan yang harus disetujui oleh mayoritas anggota Dewan Nasional. Emir merupakan komandan tertinggi angkatan perang. Pemegang kuasa eksekutif adalah perdana menteri dan kabinet 

 

Hubungan Bilateral

Hubungan bilateral Indonesia-Kuwait yang dijalin sejak 28 Februari 1968 secara umum berjalan dengan baik dan menunjukkan peningkatan. Kunjungan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono ke Kuwait pada tanggal 29-30 April 2006, dan kunjungan mantan PM Kuwait, Sheikh Nasser Al Mohammad Al Ahmad Al Sabah ke Indonesia pada tanggal 30 Mei s/d 1 Juni 2007, dinilai sebagai capaian sejarah baru dalam peningkatan hubungan bilateral. Perdagangan Indonesia-Kuwait belum mencerminkan potensi yang dimiliki masing-masing negara. Salah satu kendala adalah masih minim dan terbatasnya hubungan langsung antara kalangan dunia usaha Indonesia dan Kuwait, khususnya sektor swasta/pengusaha.

Karena itu kedua negara sepakat untuk terus meningkatkan kerja sama yang saling menguntungkan dan menggali peluang-peluang baru bagi peningkatan kerja sama di segala bidang antara lain perdagangan, investasi, budaya, pendidikan dan olah raga.