Kuwait

?NERACA PERDAGANGAN INDONESIA-KUWAIT
 
Menurut data yang dikeluarkan oleh Biro Ekonomi Uni Eropa tahun 2010 dalam Kuwait’s Trade with Main Partners, Indonesia berada di peringkat ke-11 sebagai mitra dagang utama Kuwait, dengan posisi ke-25 sebagai negara peng-impor ke Kuwait dan ke-10 sebagai negara peng-ekspor ke Indonesia. Sebagaimana diutarakan sebelumnya, ekspor Kuwait ke Indonesia didominasi oleh produk minyak dan turunanya.
 
Di bidang investasi, dalam pertemuan antara Dubes RI dengan Managing Director Kuwait Investment Authority (KIA), tanggal 28 Agustus 2011, dikemukakan oleh Managing Director KIA bahwa investasi Kuwait di Indonesia selama ini tidak terlalu besar, yaitu hanya sebesar US$ 5 juta, yang sebagian besar diinvestasikan dalam bentuk equity.
 
Investasi Kuwait di Indonesia antara lain Kuwait Foreign Petroleum Exploration Co. (KUFPEC) di pulau Seram dengan memegang saham sebesar 92,5 %.Selain itu juga berinvestasi untuk proyek Sembawang dan pertamina untuk suplai gas di Asia Tenggara dengan saham sebesar 33% dari seluruh proyek Natuna A. Serta proyek-proyek lepas pantai di Jawa Timur.
 
Dari perspektif investasi, untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi sebesar 7% pada tahun 2014, Indonesia memerlukan investasi tidak kurang dari 140 miliar dolar AS dalam jangka waktu lima tahun. Indonesia perlu investor asing yang akan mengoptimalkan penciptaan nilai tambah melalui industrialisasi.