Kunjungan Kerja Menteri Pertanian ke Kal-bar

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tanggal 27 Januari, Menteri Pertanian Suswono mendeklarasikan Kal-bar sebagai salah satu provinsi yang bebas Flu burung. Acara dibuka dengan tarian khas Dayak Kalimantan Barat dan ditutup dengan penandatangan sertifikat bebas Flu Burung oleh Menteri Pertanian Suswono. Acara deklarasi diselenggarakan di Pontianak ibu kota Kalimantan Barat.


Disamping itu, Menteri Suswono yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi IV DPR-RI untuk periode 2004-2009 yang menangani Bidang Pangan dan Pertanian juga melakukan tinjauan langsung ke laboratorium pupuk dan pengembangan teknologi pertanian oleh dinas pertanian Kal-bar. Laboratorium pupuk tersebut merupakan fasilitas yang dibangun pemprov kalbar demi menjamin pupuk yang masuk ke Kal-bar sesuai dengan standar yang baik. Acara tersebut diteruskan peninjauan langsung fasilitas dan kantor Balai Karantina yang berada di Entikong. Entikong adalah pintu gerbang Internasional dimana produk pertanian/holtikultura, produk hewan dari negara asing masuk ke Indonesia. Fasilitas karantina tersebut sebagai benteng tedepan untuk memelihara Kal-bar sebagai provinsi yang bebas flu burung.


Menteri yang didampingi dengan beberapa jajaran baik dari kementerian pertanian, dinas terkait Kal-bar dan Divisi Karantina transit di Kuching dalam rangka kembali ke Jakarta. Rombongan Menteri disambut langsung oleh Acting Konsul Jenderal Republik Indonesia, Bapak Rafail Walangitan beserta jajaran staf KJRI Kuching di pintu masuk Entikong-Tebedu. Dan selanjutny setibanya di Kuching memberi pengarahan dan dialog informal dengan seluruh staff KJRI Kuching tentang arti pentingnya Kalbar bebas flu burung dan balai karantina Entikong sebagai pintu gerbang darat Internasional. Rombongan yang berjumlah sekitar 15 orang sampai di Kuching sekitar pukul 16.00 waktu setempat dan melanjutkan penerbangan ke Kuala lumpur dan seterusnya kembali ke Tanah Air.