Kunjungan Kerja Komisi III DPR-RI

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 9 & 10 Maret 2010, rombongan komisi III DPR-RI mengadakan kunjungan kerja kepada KJRI Kuching yang merupakan rangkaian kunjungan ke Pontianak, Entikong, Kuching dan Kuala Lumpur. Rombongan terdiri atas 13 (tiga belas) anggota yang dipimpin oleh Dr. Aziz Syamsudin. Agenda Komisi III DPR-RI selama kunjungan pada KJRI Kuching telah diadakan pertemuan dan dialog informal dengan masyarakat Indonesia di Kuching, peninjauan di tempat penampungan dan penjelasan permasalahan dan kebijakan yang ditempuh KJRI Kuching dalam melindungi WNI/TKI.


Pertemuan dan dialog secara informal kepada masyarakat Indonesia dihadiri lebih dari 50 (lima puluh) WNI yang tinggal dan bekerja di Kuching yang terdiri dari wakil-wakil pelajar, dosen, ustadz, ekspatriat, pengusaha dan masyarakat lainnya. Dalam pertemuan ini, dipadu oleh Acting Konsul Jenderal, Rafail Walangitan. Dalam pertemuan tersebut Komisi III DPR-RI menyampaikan masalah terbaru yang terjadi, khususnya mengenai persidangan panitia kasus Century Indonesia yang menjadi tekad DPR_RI untuk kemajuan bangsa dan Negara Indonesia. Disamping itu masyarakat juga menyampaikan usulan perlunya public campaign kepada warga di tanah air khususnya kantong-kantong calon TKI informal tentang bagaimana cara bekerja di luar negeri guna mengurangi korban penipuan.


Selain itu, juga telah dilakukan peninjauan di tempat penampungan di Shelter KJRI KUching, dimana pada saat ini terdapat 58 (lima puluh delapan) orang TKI yang ditampung.