Kuliah Umum Dubes LBBP RI untuk Malaysia Kepada Mahasiswa-Mahasiswi di UNIMAS, Sarawak

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada hari Senin, 25 Oktober 2010, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Malaysia, Tan Sri DR.H. Da’i Bachtiar berkesempatan untuk menyampaikan kuliah umum (General Lecture) dihadapan sekitar 200 orang mahasiswa-mahasiswi Malaysia dan Indonesia di Kampus University Malaysia (UNIMAS) di Samarahan, Kuching, Sarawak.

Kuliah Umum tersebut merupakan puncak acara dari rangkaian kegiatan Indonesia Day 2010 yang dilaksanakan oleh KJRI Kuching selama 4 hari, dari tanggal 22 s/d 25 Oktober 2010.


Dalam kuliah umum yang bertema “Perkembangan Hubungan Bilateral Indonesia-Malaysia Saat Ini”, disampaikan bahwa hubungan antara Malaysia dan Indonesia sudah terjalin sejak lama, dan antara kedua negara tersebut memiliki persamaan sejarah dan akar budaya.


Pada masa sekarang juga, hubungan kenegaraan, ekonomi, sosial budaya antara kedua negara terjalin dengan baik, dan seandainya ada masalah-masalah yang timbul antara kedua negara adalah sesuatu yang wajar, dimana kedekatan letak geographis yang berbatasan langsung, dan besarnya rakyat Indonesia yang bekerja di Malaysia merupakan faktor yang terkadang menimbulkan permasalahan diantara kedua negara tersebut, tetapi hal itu merupakan tantangan yang harus dapat diselesaikan secara baik dan diplomatis dengan menekankan kepada penyelesaian yang rasional dibandingkan penyelesaian secara emosional.


Duta Besar RI juga menyampaikan pesan bahwa sebagai negara yang bertetangga, hendaknya kedua negara dapat membina hubungan yang baik, yang saling menghormati dan menghargai sebagai sesame negara yang merdeka, berdaulat dan bermartabat, dam senantiasa untuk dipelihara dan ditingkatkan oleh kedua pemimpin negara dan rakyatnya.


Kuliah Umum tersebut kemudian dilanjutkan dengan sesi Tanya- Jawab antara mahasiswa Malaysia dan mahasiswa Indonesia dengan Duta Besar RI. Pertanyaan yang diajukan antara lain, rasa nasionalisme mahasiswa Indonesia yang study di Malaysia, upaya pemberantasan Traficking in Person yang telah dilakukan Indonesia, dan pertemuan-pertemuan yang dilakukan antara tokoh-tokoh terkemuka kedua negara untuk lebih mendekatkan lagi hubungan kedua negara.


Kuliah umum yang disampaikan oleh Duta Besar RI untuk Malaysia, telah mendapat sambutan dan liputan yang cukup luas di Sarawak. Hampir seluruh media massa Sarawak meliput kuliah umum dan pesan-pesan yang disampaikan oleh Duta Besar RI di halaman utama surat kabar mereka keesokan harinya.


Pada akhir kuliah umum, Duta Besar RI untuk Malaysia mendapat kehormatan untuk menutup kegiatan Indonesia Day 2010, dan selanjutnya dengan didampingi oleh Acting Konsul Jenderal RI, Rafail Walangitan dan Timbalan Naib Kanselor UNIMAS, Prof.Madya Mohd.Fadzil Abdul Rahman, Duta Besar RI mengunjungi stand-stand pameran benda-benda seni-budaya Indonesia yang ditampilkan dalam kegiatan Indonesia Day.