KJRI Kuching Memulangkan WNI Sakit Akibat Percobaan Bunuh Diri ke Indonesia

Pada tanggal 10 Desember 2016, KJRI Kuching telah menerima pemberitahuan dari pihak Rumah Sakit Bintulu, Sarawak bahwa akan dilakukan proses pemulangan WNI An. Rahmat Pamuji yang telah mengalami kecelakaan akibat Ybs mencoba melakukan percobaan bunuh diri dengan melompat dari atas bagunan (Inn) di daerah bintulu, dan saat ini kondisi korban mengalami luka serius pada bagian tulang belakang, dan rencana pemulangan Ybs akan dilakukan pada hari kamis tanggal 12Januari 2017.

 

Berdasarkan dari keterangan yang didapat dari pihak Rumah Sakit Bintulu, bahwa pasien akan dikawal langsung oleh pihak Rumah Sakit Bintulu menggunakan mobil Ambulan dari Bintulu menuju ke Kuching Sarawak, dari hasil kesepakatan antara pihak KJRI Kuching dan pihak Rumah Sakit Bintulu Ybs akan diserahterimakan di kantor KJRI Kuching Serawak yang beralamat di Jalan Setutong, No.21 Lot 16557 Blok 11, MLTD 93550, Kuching, Sarawak, Malaysia.

 

Didapati informasi dari korban bahwa alasan dirinya hendak melakukan tindakan bunuh diri adalah keputusasaan dimana empat kedai kopi dan rumah makan yang didatanginya untuk memohon pekerjaan tapi tidak satu pun yang mau terima korban karena dia tak memiliki dokumen resmi (paspor). Dan permasalahan pribadi dirinya dengan kekasihnya yang menjadi alasan korban berencana mengakhiri hidupnya dengan cara terjun bebas dari ketinggian lantai tiga hotel tersebut.

Pada hari Rabu tanggal 11 Januari 2017, Pihak KJRI Kuching telah melakukan serah terima pasien dengan pihak Rumah Sakit Bintulu, Serah terima tersebut dilakukan di kantor KJRI Kuching Sarawak, kemudian Ybs dibawa ke Rumah Perlindungan KJRI Kuching (Shelter) untuk menunggu proses pemulangan ke Indonesia pada esok harinya

 

Pada hari Kamis tanggal 12 Januari 2017, KJRI Kuching mendampingi pemulangan tersebut dilakukan sekitar pukul 10.00 pagi dari Rumah Perlindungan KJRI Kuching (Shelter), kemudian Ybs dibawa menuju perbatasan Tebedu-Entikong untuk dilakukan proses serah terima  dengan pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Entikong yang diterima langsung oleh dr. Andy Gunawan selaku dokter yang bertugas dikantor KKP Entikong pada pukul 14.00. Selanjutnya Ybs diberangkatkan dengan menggunakan ambulans ke Puskesmas Entikong untuk pemeriksaan awal.

 

 Sesuai rencana, Ybs akan diberangkatkan menuju Rumah Sakit Yos Sudarso Pontianak Kalimantan Barat. Pada hari yang sama, sekitar pukul 20.10 WIB, KJRI Kuching telah menerima informasi dari P4TKI Entikong yang memantau perkembangan perawatan Ybs memberitahukan bahwa Ybs telah sampai dengan selamat di Rumah Sakit Yos Sudarso Pontianak Kalimantan Barat​