“ Indonesia Day ” di Kampus UNIMAS, Samarahan, Sarawak

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Disela-sela kesibukan KJRI Kuching dalam melaksanakan tugas pelayanan dan perlindungan bagi masyarakat dan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Sarawak, KJRI Kuching masih berkesempatan untuk menyelenggarakan kegiatan “Indonesia Day” yang diadakan di Kampus University Malaysia (UNIMAS), di wilayah Samarahan, Kuching, Sarawak, yang bekerja sama dengan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Sarawak dan dengan segenap lapisan masyarakat Indonesia yang berdomisili di Kuching.


Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan meriah selama 4 (empat) hari, yaitu dari tanggal 22 s/d 25 Oktober 2010.


Dalam kegiatan Indonesia Day tersebut, ditampilkan beberapa tari-tarian tradisional Indonesia antara lain tari Legong dan tari Pendet dari Bali, Tari Gambyong dari Jawa Tengah, Tari Saman dari Aceh, dan tari Sajojo dari Papua.


Selain itu juga ditampilkan peragaan busana daerah dari wilayah Aceh, Padang, Medan, Bali, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Betawi, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Kesemua persembahan tari-tarian dan peragaan busana tersebut ditampilkan oleh mahasiswa dan Pelajar Indonesia yang tergabung dalam Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) di Kuching.


Dengan kegiatan Indonesia Day ini, KJRI Kuching bermaksud untuk memperkenalkan sisi lain wajah Indonesia dari wilayah barat hingga ke timur, yang berbeda dari yang sudah dikenal oleh Masyarakat Sarawak, yang kebanyakan hanya mengetahui mengenai wilayah Indonesia yang ada di Pulau Kalimantan saja. Selain itu juga, ditampilkan benda-benda budaya Indonesia, seperti patung-patung watak pewayangan hasil kerajinan tangan, wayang golek, kain-kain songket & batik, keris , topeng Bali, dan lainnya.


Di bagian luar hall pameran juga terdapat stal-stal makanan Indonesia yang dikelola oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) KJRI Kuching bekerja sama dengan restoran yang menjual makanan Indonesia di Sarawak, yang menjual berbagai jenis makanan khas Indonesia antara lain nasi kuning, Bakso, Soto Ayam, Sup Tulang/ Sup Buntut dan kue-kue tradisional Indonesia lainnya. Juga ditayangkan selama 4 hari berturut-turut, film-film nasional Indonesia yang cukup terkenal.


Kegiatan Indonesia Day ini dibuka oleh Acting Konsul Jenderal RI di Kuching, Bapak Rafail Walangitan dengan mengundang para konsul jenderal dari negara sahabat yang ada di Kuching, yaitu Konsul Jenderal Brunei Darusalam, dan Konsul Jenderal Republik Rakyat China (RRC).


Dengan disaksikan oleh lebih dari 200 orang pengunjung dan mahasiswsa Indonesia dan mahasiswa UNIMAS, pembukaan Indonesia Day berjalan dengan meriah dan mengundang kagum dari para mahasiswa/pengunjung Sarawak yang belum pernah menyaksikan pertunjukan Tari Legong bali, Tari Gambyong, dan Tari Saman dari Aceh.


Dengan terselenggaranya kegiatan Indonesia Day ini, sekali lagi menunjukkan upaya dan usaha KJRI Kuching untuk mempromosikan dan memperkenalkan kebudayaan, kesenian dan produk-produk Indonesia kepada dunia internasional, khususnya di Malaysia. Sebulan sebelumnya, selama bulan Ramadhan (bulan puasa) yaitu dari tanggal 9 Agustus s/d 9 September 2010, KJRI Kuching juga telah menyelenggarakan kegiatan “Indonesian Ramadhan Experience 2010”, selama 1 bulan penuh di salah satu buah mall besar di Kuching.


Selanjutnya, KJRI Kuching juga akan terus berupaya untuk mengadakan kegiatan-kegiatan serupa dengan tema yang berbeda-beda.