Sumbangan pengusaha Malaysia bagi korban gempa Padang

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

“Hubungan Indonesia – Malaysia pada dasarnya demikian erat, sebagaimana halnya seorang sahabat baik dalam masa senang maupun susah”, demikian ditegaskan Tun Musa Hitam, ketua EPG Malaysia, dalam sambutannya di acara penyerahan bantuan bencana gempa dari Majlis Promosi Hubungan antara Malaysia – Indonesia (didukung oleh sektor swasta Malaysia).

Hubungan yang erat tersebut, lanjut Tun Musa Hitam, tergambar pada saat para pengusaha Malaysia telah berinisiatif secara spontan mengumpulkan sumbangan untuk membantu para korban bencana gempa bumi, dengan mengambil momen kunjungan Presiden RI ke Malaysia beberapa waktu yang lalu. Lebih kurang 30 perusahaan swasta Malaysia berpartisipasi dalam kegiatan amal tersebut, sehingga mampu mengumpulkan donasi sejumlah RM 295,034.15.

Tun Musa Hitam menjelaskan pula bahwa Business Luncheon Presiden RI dengan para pengusaha Malaysia tersebut juga digagas secara spontan dan mendapat sambutan yang luar biasa dari kalangan bisnis Malaysia.  Untuk yang pertama kalinya, pengusaha Malaysia dari berbagai ras (Melayu, Cina, India), datang sebagai “1Malaysia”. Selama ini yang terjadi adalah segmentasi pengusaha berdasarkan ras; kehadiran delegasi dari Indonesia hanya akan ditemui oleh pengusaha Malaysia dari golongan Melayu; dan sebaliknya kunjungan delegasi Malaysia ke China, hanya diwakili oleh pengusaha Malaysia golongan China.

Duta Besar RI. Da’i Bachtiar dalam sambutannya menyampaikan penghargaan kepada para pelaku swasta Malaysia atas sumbangan yang telah diberikan. Sumbangan tersebut nantinya akan diwujudkan untuk membangun kembali fasilitas publik yang ada di Padang, Sumatera Barat, terutamanya sekolah. Untuk itu, akan segera dilakukan identifikasi dan kerjasama dengan Pemerintah Daerah setempat. Sumbangan yang selama ini sudah terkumpul dalam rekening bencana KBRI Kuala Lumpur akan digabung dengan sumbangan dari kalangan swasta/pengusaha Malaysia Majlis Promosi Hubungan antara Indonesia – Malaysia tersebut.

Acara penyerahan bantuan tersebut diselenggarakan pada tanggal 28 Januari 2010 di Hotel Crowne Plaza Mutiara, Kuala Lumpur. Selain pengusana dari berbagai ras yang tergabung dalam KADIN Melayu, China dan India, acara tersebut juga dihadiri oleh pejabat Kementeria Luar Negeri dan media massa Malaysia.