Pembukaan Mandiri Remittance International di Kuala Lumpur

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Para tenaga kerja Indonesia (TKI) yang berada di Malaysia akan lebih mudah lagi mengirimkan uangnya ke tanah air, dengan dibukanya Mandiri Remittance International di Kuala Lumpur oleh Menteri Negara BUMN, Mustafa Abubakar pada hari Minggu, 29 Nopember 2009.


Dipilihnya Malaysia sebagai lokasi perluasan bisnis remitansi adalah karena besarnya jumlah TKI yang bekerja di Malaysia. Jumlah TKI yang mencapai 2 juta orang tersebut dan bekerja di berbagai sektor, baik konstruksi, perladangan, jasa, pembantu rumah dan ekspatriat, merupakan potensi yang menjanjikan keuntungan.


Menteri Negara BUMN, Mustafa Abubakar dalam sambutannya menyampaikan agar Mandiri Remittance tidak saja melakukan kerjasama dengan institusi perbankan dan jasa remitansi lainnya di Malaysia, tapi juga dapat lebih inovatif dan menjalin kerjasama sinergis dengan PT Pos Indonesia sehingga dapat lebih menjangkau seluruh pelosok pemukiman di Indonesia.


Duta Besar RI untuk Malaysia, Dai Bachtiar mengemukakan bahwa untuk dapat menjaring nasabah, Mandiri Remittance International perlu melakukan pemetaan penyebaran WNI yang berada di Malaysia serta melakukan ‘reach-out’ ke sentra-sentra pemukiman TKI. Diharapkan Mandiri International Remittance dapat memberikan pelayanan yang cepat, aman, terpercaya dan memudahkan nasabahnya.


Dalam rangkaian acara peresmian, juga dilakukan simulasi proses pengiriman uang ke Indonesia oleh 2 nasabah Bank Mandiri, yang dilakukan secara real time, dan langsung dapat diterima oleh keluarganya di Indonesia. Acara tersebut juga dihadiri oleh Deputi Bank Indonesia, Komisaris dan Direktur Utama Bank Mandiri, Deputi Bank Negara Malaysia, Direktur Jenderal Labor pada Kementerian Sumber Manusia Malaysia, Datuk Ismail Abd Rahim; dan perwakilan warga masyarakat Indonesia yang berada di Kuala Lumpur.


Pada sore harinya, Mandiri Remittance Internasional juga menggelar acara hiburan bagi TKI di Malaysia secara gratis, dengan menampilkan Inul dan Dewa 19. Acara hiburan yang berlangsung lebih dua jam di gedung KL Live dihadiri oleh sekitar 5,000 penonton, yang begitu antusias ikut bernyanyi bersama Inul, Once dan Dani Dewa. Sejumlah media Malaysia dan Indonesia meliput acara ini yang berlangsung sukses.


(sumber: KBRI Kuala Lumpur)