Menkeu Malaysia: Indonesia “The Sleeping Giant” Yang Segera Bangkit

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Menteri Keuangan II Malaysia Dato’ Seri Ahmad Husni Hanadzlah menyatakan, hubungan ekonomi dan perdagangan Malaysia-Indonesia saat ini berada dalam tahap yang membanggakan. Kerjasama tersebut tidak akan terganggu oleh kasus-kasus yang menimbulkan kesalahpahaman antara kedua bangsa. Bahkan Malaysia perlu meningkatkan kerjasama strategis yang erat karena ‘Indonesia merupakan the sleeping giant yang akan segera bangkit’.


Menteri Ahmad Husni Hanadzlah mengemukakan, secara bilateral investasi Malaysia di Indonesia cukup menjanjikan baik di bidang pengembangan industri kelapa sawit dan perbankan. Lebih lanjut disampaikan, Indonesia dapat bekerjasama dengan Malaysia dengan mengambil peran penting dalam proses ekonomi ASEAN, kerjasama regional dan di tingkat global. Sebagai salah satu anggota G-20, Indonesia diharapkan dapat lebih berperan menyuarakan aspirasi negara berkembang di kawasan.


p align="justify">Pernyataan ini disampaikan menteri keuangan saat membuka seminar “Peluang dan Tantangan Kerjasama Ekonomi Indonesia-Malaysia Menghadapi Krisis Global dari Perspektif Media dan Pengusaha di Kuala Lumpur Convention Centre ( 8/12). Seminar Ekonomi Malaysia – Indonesia, yang diselenggarakan oleh Ikatan Setia Kwan Wartawan Malaysia Indonesia dan didukung KBRI Kuala Lumpur dan Kementerian Penerangan, Komunikasi dan Kebudayaan Malaysia telah mempertemukan kalangan usahawan, dan media massa dari kedua Negara.


Duta Besar RI Dai Bachtiar dalam sambutannya mengharapkan agar hubungan bilateral Indonesia – Malaysia dapat terus ditingkatkan di berbagai bidang dengan menjunjung sikap saling pengertian, bermartabat dan saling menguntungkan. Selain mengidentifikasi tantangan yang ada, yang lebih penting adalah mencari alternative peluang baru yang nantinya dapat dimanfaatkan secara lebih optimal bagi kepentingan kedua bangsa.


Sebagai pembicara seminar adalah mantan Perdana Menteri Tun Dr. Mahathir Mohammad, CEO May Bank Abdul Wahid Omar, Pemred harian The Star Wong Chun Wai, CEO Media Prima Johan Jafar, Diruk LKBN ANTARA Mukhlis Yusuf dan Ketua Kehormatan PWI Tarman Azzan Delegasi Media Massa Indonesia yang hadir dalam seminar tersebut antara lain, Arif Suditomo, Dr. Ahmad Mukhlis Yusuf, CEO ANTARA,Editor in Chief RCTI,Retno Shanti Ruwyastuti, Deputy News Director Metro TV, Endang Suryana, News Manager ANTV dan Wahyu Muryadi dari Tempo.


Sumber : KBRI Kuala Lumpur