Masyarakat Madura di Malaysia Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Menurutnya masyarakat Madura yang dikenal agamis telah mampu menggunakan momen hari kelahiran Nabi Muhammad secara tepat untuk sekaligus mempererat tali silaturahmi antara warga Madura di Malaysia.

Acara yang dimeriahkan dengan shalawat nabi persembahan kelompok kesenian masyarakat Madura ini ditutup dengan siraman rohani oleh Ustadz Al Habib Abdurrahman Al Habsy yang diundang secara khusus dari Jakarta. Dalam ceramahnya Ustadz Al Habsy mengajak masyarakat Madura di Malaysia untuk meningkatkan keimanan kepada Allah SWT dan kecintaan terhadap Rasulullah SAW. Menurut Ustadz Al Habsy, bentuk peningkatan keimanan dan kecintaan tersebut dapat diwujudkan dengan menambah kuantitas dan kualitas ibadah, termasuk meneladani perilaku dan ucapan Rasulullah sehari-hari di masa hidupnya.

Kegiatan Peringatan Maulid Nabi 1436 H marak digelar sejak 12 Rabiul Awal yang jatuh di bulan Januari 2015 ini. Berbagai komunitas Indonesia yang ada di Malaysia beramai-ramai melaksanakan peringatan hari kelahiran Rasulullah SAW. Beberapa di antaranya adalah Komunitas Aceh, Himpunan Warga Kumalasa, Perkumpulan Masyarakat Bawean, dan Ikatan Masyarakat Madura. 

(Sumber: KBRI Kuala Lumpur)​