KJRI Terbitkan SPLP Bagi Tahanan Sementara di Kimanis, Papar

Pada tanggal tanggal 26 September 2017 Tim Satgas Pelayanan dan Perlindungan KJRI telah melakukan kegiatan verifikasi di PTS Kimanis, Papar. Telah diverifikasi data dari 79 WNI yang akan dipulangkan dengan rincian 45 Laki-laki, 24 Perempuan, 7 anak laki-laki, dan 3 anak perempuan.

Ketua Tim, Rima Pramudyawati PF Konsuler 2, Sekretaris Kedua mengatakan bahwa diantara yang diverifikasi terdapat 3 orang WNI yang diduga menjadi korban TPPO a.n. Imelda Sicylia Binti Ramos, Natalia Desy Dwi Anggaini, dan Mubarok Bin Yanti (Laki-laki). Kepada mereka telah diwawancara sesuai dengan prosedur yang berlaku dan apabila terdapat bukti sebagai korban maka kepada ybs akan dilakukan proses khusus sesuai SOP yang telah dibuat.

​Konjen RI, Akhmad DH Irfan mengatakan bahwa Tim Satgas KJRI telah dibekali keahlian khusus untuk melakukan wawancara untuk menentukan apakah benar seseorang itu adalah korban TPPO ataukan hanya "wan prestasi" dari majikannya. Diantara pokok-pokok yang perlu digali adalah proses dan biaya penempatan, data majikannya, gaji, fasilitas kerja dsb.