KJRI KOTA KINABALU MENERIMA KUNJUNGAN DELEGASI PIMPINAN PM GONTOR

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Mempererat Tali Silaturahim dengan alumni PM Gontor di Sabah

 

     Pada tanggal 6 - 8 Mei 2011, Konsulat Jenderal Republik Indonesia Kota Kinabalu  (KJRI-KK) menerima kunjungan delegasi Pimpinan Pondok Modern dan Rektor Institut      Studi Islam Darussalam (ISID) Gontor. Delegasi Pimpinan Pondok Modern (PM) ini   diketual oleh Dr. KH. Abdullah Syukri Zarkasy, MA (Pimpinan Pondok/Chancellor  ISID), berjumlah 11 (sebelas) orang termasuk Pimpinan Pondok Modern Gontor dan      Rektor ISID. Kunjungan mi merupakan salah satu dari rangkaian kunjungan delegasi      PM Gontor ke beberapa negara. Adapun tujuan dan kunjungan delegasi Pimpinan PM ke Kota Kinabalu adalah  menjalin dan mempererat tali silaturahim dengan   keluarga/masyarakat Indonesia dan keluarga alumni PM Gontor di Sabah, Malaysia.

 

     Mengingat PM Gontor merupakan salah satu pondok pesantren terbesar di Indonesia    dan kunjungan delegasi Pimpinan PM merupakan kesempatan yang langka, KJRI-KK   berinisiatif mempertemukan delegasi pimpinan  PM  Gontor dengan pejabat setempat.  Sehubungan dengan itu, telah dilaksanakan Kunjungan Kehormatan kepada YB Datuk  Seri Haji Nasir bin Tun Sakaran, Menteri di Jabatan Ketua Menteri Sabah yang  membawahi urusan agama dan Tun Datuk Seri Panglima Haji Sakaran bin Dandai,  Yang Dipertua USIA (Pertubuhan Islam Sabah).

 

     Pertemuan antara delegasi Pimpinan PM Gontor diterima YB Datuk Seri Haji Nasir bin Tun Sakaran  berjalan dengan baik dan lancar dalam nuansa kekeluargaan. Pada  pertemuan ini, Dr. KH. Abdullah Syukri Zarkasy, MA menyampaikan sekilas pandang  terkait Pondok Modern dan ISID Gontor serta mengundang pejabat negeri Sabah untuk berkunjung ke Indonesia. Beliau mengharapkan dengan adanya saling kunjung      tersebut akan menghasilkan suatu kerjasama diantara kedua pihak. Sefain itu, disampaikan juga bahwa beberapa alumni PM Gontor saat ini menetap di Sabah     berprofesi sebagai Ustadz tetapi belum memiliki tauliyah (surat pelantikan dari  pemerintah setempat).

 

     YB Datuk Seri Haji Nasir bin Tun Sakaran menyatakan kegembiraannya atas kedatangan delegasi Pimpinan PM Gontor serta merasa kagum akan keberhasilan yang telah dicapai PM Gontor salama ini.   Beliau menyampaikan mengenai situasi terkini di   Sabah, Malaysia serta peranan  Islam dalam pembangunan Sabah. YB Datuk  menyambut baik undangan untuk berkunjung ke Indonesia dan akan mencari waktu yang tepat di masa yang akan datang.

 

     Pertemuan bertempat di gedung USIA ini dihadiri oleh delegasi Pimpinan PM, Tun  Datuk Seri Panglima Haji Sakaran bin Dandai beserta jajaran pimpinan USIA dan alumni PM Gontor. Pada kesempatan ini ketua delegasi Pimpinan PM menyampaikan  rasa terima kasih atas penenimaan dan sambutan yang diberikan USIA pada delegasi   Pimpinan PM Gontor. Beliau menginformasikan mengenai PM Gontor yang telah berdiri sejak tahun 1926 dan saat ini mempunyai murid sekitar 17.600 orang dan sistem/metode pengajaran yang diberikan. Lebih jauh ditambahkan bahwa alumni PM Gontor tersebar di beberapa negara termasuk Malaysia, khusus untuk Sabah bahkan ada beberapa alumni yang menjadi pegawai di USIA. Selain itu, ketua delegasi juga mengundang secara khusus Tun Datuk Seri Panglima Haji Sakaran bin Dandai untuk berkunjung ke PM Gontor. Tun Datuk Seri Panglima Haji Sakaran bin Dandai dalam sambutannya menyampaikan tentang organisasi USIA yang merupakan gabungan dan organisasi-organisasi Islam di Sabah serta peranannya dalam memajukan Islam di Sabah. Beliau menambahkan bahwa pertemuan seperti ini harus kerap diadakan untuk menjalin tali silaturahim serta mengucapkan terima kasih atas undangan yang diberikan.

 

     Selain itu KJRI KK juga mengadakan acara makan malam bersama delegasi Pimpinan PM Gontor yang dihadiri oleh para alumni PM Gontor di Wisma Indonesia. Acara yang berlangsung dalam suasana hangat tersebut dihadiri oleh seluruh home staff KJRI Kota Kinabalu (Sumber : KJRI Kota Kinabalu).