KERJASAMA UNIVERSITI MALAYSIA SABAH (UMS) DENGAN UNIVERSITAS DI INDONESIA

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pada tanggal 29 Maret 2010, Konsul Jenderal RI Kota Kinabalu Soepeno Sahid dengan didampingi Sdr. Abas Basori, Fungsi Pensosbud, Sdr. Iman Rokhadi, Fungsi Konsuler, dan Sdr. Umbara Setiawan, Fungsi Ekonomi merangkap Protokol, mengadakan courtesy call kepada Rektor UMS, Brigjen. Prof. Datuk Seri Panglima Dr. Kamaruzaman Hj Ampon. Tujuan courtesy call ini untuk memperkenalkan diri sebagai Konjen RI yang baru kepada Rektor UMS dan untuk menjajagi peluang kerjasama di bidang pendidikan khususnya perguruan tinggi, pertukaran pengajar/dosen, mahasiswa dan bidang-bidang lain yang berkaitan dengan masalah pendidikan. Naib Canselor UMS menerima baik kunjungan courtesy call tersebut dan mengharapkan agar kerjasama di bidang pendidikan dapat ditingkatkan di masa mendatang.

 

            Dalam pembicaraan antara kedua pejabat dibahas mengenai kunjungan timbal balik antara perguruan tinggi di Indonesia dengan UMS. Pada bulan Nopember 2009 rombongan pejabat dari Universitas Sumatra Utara telah berkunjung ke UMS.  Ada kemungkinan kunjungan balasan akan dilakukan oleh pihak UMS pada tahun ini. Pada kesempatan ini juga Konjen RI menyampaikan undangan kepada UMS untuk mengikuti pameran Sriwijaya Expo 2010 pada tanggal 16 – 23 Juni 2010 di Palembang, dan menyampaikan kebijakan Pemerintah Indonesia tentang tawaran beasiswa program master kepada mahasiswa asing dalam rangka kerjasama program pendidikan negara-negara berkembang.  Naib Canselor akan mempertimbangkan undangan pameran ini dan tawaran beasiswa tersebut. Bidang-bidang lain yang dibahas, seperti pelayanan pendidikan untuk anak-anak TKI, dan kemungkinan diadakannya penelitian bersama untuk mengetahui efektifitas program pendaftaran Pendatang Asing Tanpa Ijin (PATI) khususnya TKI-Bermasalah yang selalu berulang-ulang dalam kurun waktu tertentu.

 

            Pada saat ini tercatat tiga orang dosen Indonesia sebagai tenaga pengajar UMS dan 15 mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di berbagai fakultas di UMS. (AB)