Indonesia Sabet Tropi Bergengsi pada Sabah Dragon Boat Race 2011

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

     Indonesia berhasil menggondol dua tropi pada perlombaan Sabah Dragon Boat Race ke-26 yang digelar di Teluk Likas, Kota Kinabalu, Sabah Malaysia, 18-19 Juni 2011. Medali pertama kategori 200 meter dimenangkan oleh kontingen PODSI Kalbar A dengan catatan waktu 57 detik dan kontingen Kijang Berantai (Kiber) Sambas Kalimantan Barat menyabet medali bergengsi dari Tuang Yang Di-Pertua Negeri Sabah dan uang tunai RM 4.000. Indonesia diwakili 2 tim dayung (31 orang) yaitu Kijang Berantai (Kiber) Sambas Kalimantan Barat dan Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kalbar A, Kalimantan Barat. 

     Perlombaan perahu naga ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pelancongan, Kebudayaan dan Alam Sekitar Negeri Sabah bekerja sama dengan Sabah Tourism Board (STB). Perlombaan perahu naga tahun ini diikuti oleh 104 tim dayung lokal dan luar negeri (Indonesia dan Bruneri Darussalam) dengan menawarkan hadiah sebesar RM 43.000. Adapun kelas yang diperlombakan terdiri dari 6 kategori, yaitu The Head of State Trophy, Sabah Minister’s Trophy, Sabah Dragon Trophy International dan Malaysian Mix Team, The Kinabalu Dragon Trophy Under-20, Mix Team Open 200 Meter Race, dan The Charity Race.

     Ketua Kontingen Indonesia, Abdi Norkamil Mawardi yang juga Ketua PODSI Kalbar, menyampaikan kegembiraannya atas prestasi yang diraih timnya untuk pertama kali ikut serta dalam kejuaraan perlombaan perahu naga di Sabah. “Untuk menghadapi perlombaan ini, saya telah menyiapkan latihan yang cukup dan tidak menyangka dapat memenangkan perlombaan ini”, ujar Ketua Tim Kiber Sambas, Al-Amrozi Maher Zahri (Kepala Dinas Pendidikan Sambas). Tim Kiber Sambas sebelumnya pernah mengikuti perlombaan perahu naga di Putrajaya Kuala Lumpur. Piala Tuan Yang Di-Pertua Negeri Sabah diserahkan sendiri oleh Tuan Yang Terutama, Tun Datuk Seri Panglima Juhar Mahiruddin kepada Konsul Jenderal RI Kota Kinabalu mewakili Tim Kiber Sambas (Sumber : KJRI Kota Kinabalu).