SAMBUTAN KONSUL JENDERAL PADA PENANDATANGANAN SALE AND PURCHASE AGREEMENT TANAH SIKK

4/27/2010

 

SAMBUTAN KONSUL JENDERAL PADA PENANDATANGANAN SALE AND PURCHASE AGREEMENT TANAH SIKK

Kota Kinabalu, 21 April 2010

Assalaamualaikum Warahmatullaahiwabarakaatuh,

Pengarah KKIP, Para Kakitangan KKIP, Bapak-bapak dan Ibu Staf Kementerian Pendidikan Nasional, Rekan-rekan dari Konsulat Jenderal RI, Kepala Sekolah Indonesia dan Para hadirin dan Hadirat semuanya, yang saya hormati.

Pada kesempatan yang baik ini, perkenankan kepada saya sebelum menandatangani Sale and Purchase Agreement, untuk menyampaikan beberapa kata. Kalau boleh mengingat kembali usaha-usaha  untuk membeli tanah, KJRI telah melakukan usaha itu sejak tahun 2006 dan KJRI telah mennerima tawaran dan meninjau lebih dari 50 lokasi tanah. Pilihan kemudian jatuh kepada KKIP. Untuk dapat membeli tanah tersebut, KJRI telah mengadakan lobby baik di sisi Malaysia maupun Indonesia. Dari sisi Malaysia, KJRI telah melobby dan negosiasi dengan atau dari regular officer sampai dengan Chief of Sabah Land Board, Chief Minister, dan  Menteri Pelajaran Malaysia. Dari sisi Indonesia, KJRI juga telah melobby dari tingkat staf/pejabat di Kementerian Pendidikan Nasional sampai kepada tingkat Menteri, Menteri Luar Negeri dan Menteri KJeuangan. Jadi untuk melaksanakan tugas ini telah menyedot banyak energy dan waktu. Namun Alhamdulillah, upaya-upaya tersebut tidak terbuang sia-sia saja dan Insya Allah sebentar lagi akan ditandatangani Sale and Purchase Agreement.

Pengarah KKIP dan Kakitangan KKIP yang saya hormati,

Saya menyadari bahwa untuk membeli tanah ini telah menyita waktu dan perhatian KKIP dimana untuk mencapai pada tahap penandatanganan Sale and Purchase Agreement telah melalui prosedur dan waktu yang panjang. Saya memuji KKIP karena KKIP pada akhirnya berjaya menghadapi calon pembeli seperti KJRI ini.  Saya percaya bahwa niat baik KKIP tidak semata-mata untuk mencari untung dengan menjual tanah kepada KJRI tetapi dilandasi dengan niat baik keinginan dalam rangka meningkatkan kerjasama antara Malaysia dan Indonesia. Kerjasama ini tidak berhenti dengan ditandatanganinya Sale and Purchase Agreement, namun KJRI masih memerlukan kerjasama lanjutan untuk mendirikan bangunan gedung Sekolah Indonesia Kota Kinabalu.

Bapak-bapak dan Ibu Jajaran Kementerian Pendidikan Nasional, KJRI dan SIKK, yang saya  hormati,

Upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Bapak-bapak dan Ibu ternyata tidak sia-sia, sebentar lagi penandatanganan Sale and Purchase Agreement akan dilaksanakan.  Saya mengharapkan pembelian tanah ini dapat berjalan dengan baik yaitu dengan tidak meninggalkan persoalan-persoalan di belakang hari. Oleh karena saya mengingatkan agar proses pembelian ini harus dapat dituntaskan semuanya, dari penandatanganan Sale and Purcahse Agreement, penyerahan fisik tanah, pembayaran, dan persoalan-persoalan yang terkait dengan pertanahan. Saya tidak ingin masih ada persoalan-persoalan yang dapat mengganjal pada tindakan-tindakan selanjutnya.

Dengan pembelian tanah ini bukan berarti tugas telah selesai, justru kita akan memasuki pada tahap tugas yang lebih rumit lagi, yaitu pembangunan gedung SIKK. Saya mengharapkan bantuan dan kerjasama dari kawan-kawan di Kementerian Pendidikan Nasional untuk terus berjuang sampai dengan berdirinya SIKK.

Pada kesempatan ini, saya ingin mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada Pengarah KKIP dan Kakitangan, serta kepada kawan-kawan dari Kementerian Pendidikan Nasional, KJRI dan SIKK.  Untuk itu mari kita berikan tepuk tangan yang meriah ….

Demikian sambutan saya, terimakasih.

Wabillaahitaufik walhidayah wassalaamualaikum warhmatullaahi

 wabarakaatuh.