Wisuda 10 Mahasiswa Indonesia di Universitas Internasional Afrika, Sudan

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebanyak 10 mahasiswa Indonesia jurusan Syariah dan Tarbiyah (Pendidikan) di Universitas Internasional Afrika (UIA) mengikuti wisuda pada tanggal 12 Januari 2011 yang lalu. Mereka bergabung bersama 1.200 mahasiswa lain yang berasal dari 91 negara.

Malam itu kampus Afrika dihias dengan berbagai lampu warna warni sebagai tanda suka cita. Saat acara akan dimulai, marching band memasuki tempat wisuda dengan diikuti para wisudawan yang tampak bahagia dalam baju toga kebesaran mereka. Sorak sorai para kerabat dan teman pun tak henti-henti mengiringi kedatangan mereka.

Acara wisuda malam tersebut terasa spesial dengan hadirnya Penasehat Presiden Sudan sekaligus sebagai Ketua Dewan Pimpinan Universitas Afrika, Dr. Mostafa Osman Ismail dan beberapa Menteri Negara di pemerintahan Sudan, Anggota Parlemen, Akademisi, para Rektor Universitas, Joint Special Representative UNAMID, Prof. Ibrahim Gambari, para Duta Besar dan seluruh Anggota Dewan Pimpinan Universitas Afrika yang berasal dari berbagai negara Timur Tengah dan Afrika.

Kehadiran Dewan Pimpinan dalam acara wisuda kali ini memberikan isyarat akan pentingnya peningkatan kualitas pendidikan di UIA serta memberikan dorongan yang kuat bagi alumni dan mahasiswa untuk terus belajar demi masa depan yang lebih baik, ungkap rektor UIA. Prof. Dr. Hasan Makki.

Dalam sambutannya, Dr. Mostafa Osman Ismail menegaskan bahwa pemerintah akan memberikan bantuan untuk peningkatan pelayanan bagi mahasiswa di universitas Afrika dan berharap para mahasiswa asing yang belajar di UIA menjadi duta bangsa di masa mendatang.

Ditegaskan juga akan pentingnya bagi para alumni untuk berpartisipasi dalam membangun peradaban dunia yang lebih baik, “...dengan modal pemahaman islam yang moderat”, ungkap mantan Menlu tersebut.

Di akhir acara, Duta Besar RI yang berkesempatan dalam acara tersebut, menyempatkan diri untuk berfoto bersama para wisudawan Indonesia, dan tak lupa berpesan agar jangan cepat puas dengan ilmu yang telah diperoleh, terus kembangkan ilmu pengetahun dan wawasan, agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Universitas Internasional Afrika merupakan salah satu universitas yang menjadi tempat menuntut ilmu sebagian besar mahasiswa Indonesia di Sudan. Selain Universitas Internasional Afrika, terdapat Universitas Islam Omdurman, Universitas Al-Qur’an, dll yang menjadi tempat menuntut ilmu ± 300 mahasiswa indonesia di Sudan.