Malam Silaturrahim Warga Negara Indonesia di Sudan

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Untuk menjaga tali silaturrahim seluruh WNI yang berada di Sudan, KBRI Khartoum menggelar acara “Malam Silaturrahim WNI di Sudan”, yang bertempat di Wisma Duta. Acara tersebut sekaligus digunakan untuk memperkenalkan anggota baru keluarga besar KBRI Khartoum, yaitu Bapak Gatot Amrih Djemirin beserta keluarga.

Acara tersebut sengaja diadakan pada tanggal 31 Desember 2010, bertepatan dengan pergantian tahun 2010-2011, dengan maksud agar masyarakat Indonesia dapat turut berbagi kegembiraan bersama saudara-saudara setanah air juga sebagai wadah pembinaan dan perlindungan agar masyarakat Indonesia dapat terhindarkan dari kegiatan-kegiatan yang dapat merugikan.

Malam silaturrahim tersebut diramaikan dengan pertunjukan band mahasiswa Indonesia yang menamakan dirinya “Wis Band”, karaoke, menyanyi dangdut dan nonton bareng film Indonesia.

Dalam sambutannya, Dubes RI meminta kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk saling menjaga tali silaturrahim, juga tetap menjaga identitas dan adat ketimuran yang mengedepankan kesopanan, keramahan dan menghormati norma-norma dan peraturan yang berlaku di Sudan, karena seluruh masyarakat Indonesia yang berada di luar negeri, termasuk Sudan, adalah duta-duta Indonesia yang mewakili gambaran masyarakat Indonesia di mata masyarakat asing. Dubes RI juga menyampaikan himbauan untuk menjaga terus kewaspadaan dan keamanan pribadi serta keluarga masing-masing terutama terkait dengan pelaksanaan referendum Sudan Selatan tanggal 9 Januari 2011.

Walaupun udara pada malam tersebut cukup dingin, masyarakat Indonesia rela untuk berlama-lama mengikuti acara yang digelar di halaman wisma tersebut. Terutama saat dilantunkannya lagu dangdut, banyak dari mereka yang langsung menghangatkan suasana dengan berjoget dangdut.

Acara semakin meriah saat kuis berhadiah dilangsungkan. Mereka berharap acara kumpul-kumpul semacam ini dapat lebih sering dilaksanakan, “…apalagi dengan adanya kuis-kuis berhadiah!....” celetuk salah seorang TKI yang hadir.

Pada pukul 00:00 acara ditutup dengan memanjatkan doa dan harapan untuk . Semoga tali silaturrahim yang telah terjalin dapat terus dijaga sampai kapan pun. Amin.