Kunjungan Wakil Ketua DPR-RI ke Sudan

Pada 30 Mei s/d 2 Juni 2015, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR-RI) melakukan kunjungan muhibah ke Sudan yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPR-RI Fahri Hamzah, S.E.  Kunjungan dimaksud merupakan undangan dari parlemen Sudan dalam rangka menghadiri pelantikan ketua dan anggota parlemen Sudan periode 2015 – 2020 dari hasil pemilu April lalu.
Kunjungan ini disambut langsung oleh Dubes RI untuk Sudan dan Eritrea, Burhanuddin. Adapun delegasi DPRI-RI terdiri dari Muhammad Misbakhum (F. Golkar); Edhi Prabowo (F. Gerindra); Rofi Munawar (F. PKS); 1 (satu) Pejabat Sekretariat DPR-RI; dan 2 (dua) Tenaga Ahli serta TV Parlemen.  


Selama kunjungan tersebut, selain menghadiri seremoni pelantikan parlemen, Delegasi DPR-RI juga melakukan pertemuan dengan komisi hubungan luar negeri Parlemen Sudan (Persahabatan Parlemen Indonesia-Sudan) dan berencana melakukan pertemuan khusus dengan Ketua Parlemen Sudan terpilih serta menghadiri silaturahmi/diskusi dengan para mahasiswa/i Indonesia yang sedang menimba ilmu di Sudan.   
Dubes RI Burhanuddin menyampaikan kegembiraannya atas kehadiran delegasi DPR-RI pada pelantikan Parlemen Sudan. Kesediaan DPR-RI sebagai representasi negara Indonesia dalam memenuhi undangan dari Parlemen Sudan akan berdampak positif pada upaya-upaya nyata peningkatan hubungan bilateral kedua negara kedepan. Dubes RI juga mengharapkan kiranya DPR-RI dan Parlemen Sudan dapat lebih mendorong upaya konkrit dalam merealisasikan/ implementasi dari perjanjian kedua negara.
Dalam kunjungan dimaksud, kedua parlemen (RI-Sudan) sepakat untuk mempererat hubungan dan kerjasama dua parlemen dan meningkatkan koordinasi dalam pembentukan forum parlemen Asia-Afrika yang telah digagas dan disepakati pada pertemuan Parlemen Asia-Afrika yang lalu, dimana Sudan telah di tunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan pertemuan pertama forum tersebut.
 
***