Kemeriahan Peringatan HUT RI di Khartoum

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

Peringatan HUT RI di Khartoum Sudan, kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Peringatan tahun ini dibuat lebih meriah dengan menggandeng PPMI (Persatuan Pelajar Mahasiswa Indonesia) Sudan sebagai penyelenggara kegiatan olahraga.

Pertandingan olahraga yang bertajuk Nusantara Games 2011, secara resmi dibuka oleh Dubes RI untuk Sudan dan Eritrea, Dr. Sujatmiko, Sabtu, 11 Juni 2011 di Lapangan Futsal Riyad, Khartoum. Dubes RI menyampaikan dalam sambutannya bahwa “pertandingan olahraga tidak sekedar menjadikan jiwa dan raga menjadi sehat dan kuat, tapi melalui olahraga diharapkan juga dapat mempererat keakraban, tali persaudaraan dan meningkatkan daya sportifitas. Akan sangat indah jika seluruh masyarakat Indonesia di Sudan yang jumlahnya sekitar 1.000 orang dapat terus mempererat persaudaraan dan silaturahmi”.

Cabang olah raga yang dipertandingkan pada rangkaian acara peringatan HUT-RI tahun 2011 kali ini antara lain futsal, sepak takraw, catur, tenis meja dan bandminton. Tahun ini KBRI Khartoum bergabung dengan tenaga kerja profesional Indonesia di Sudan membentuk satu Grup yang bertanding melawan 7 group lain yaitu KMA (Aceh), IPSU (Sumut), FOKUS (Sumatera), KMJ (Jakarta), PASUNDAN (Jabar), PAKUWOJO (Jateng, Jatim, Madura), dan FOSMATIM (Indonesia Tengah dan Timur).

Untuk lebih memacu semangat, sebelum pembukaan Nusantara Games 2011 dimulai, kekompakan masing-masing grup diuji dengan membuat yel-yel yang dinilai oleh Dubes RI. Tim yang dinilai paling kompak adalah IPSU, Pakuwojo, dan KMJ. “1,2,3, Hartap…. Hartap…. Harimau Tapanuli, Raja Sumatera. Mantap…. sedap… yang lain… lewaaat..” sorak salah satu grup pemenang yel-yel dengan kompak dan semangat.

Cuaca hari itu yang berkabut dan disertai badai debu tebal tak menyurutkan semangat warga untuk menikmati setiap rangkaian acara, termasuk untuk menyantap bazar makanan yang disediakan oleh mahasiswa. Beragam hidangan kuliner khas Indonesia seperti bakso, mie aceh dan coto Makassar turut menyemarakkan hajatan tahunan warga ini.

 

Khartoum,  12 Juni 2011