Gelar Budaya Indonesia di Khartoum Dapat Sambutan Sangat Meriah

Jum’at pagi, 17 Juli 2015 KBRI khartoum telah melaksanakan Shalat Idul Fitri yang dirangkai dengan halal bi halal (open house) yang diselengarakan di Wisma Duta dalam rangka mempererat silaturahim WNI di Sudan dan merayakan kemenangan setelah sebulan penuh beribadah puasa. Pelaksanaan kegiatan dihadiri oleh sekitar 400 Jamaah yang terdiri dari keluarga besar KBRI, kalangan tenaga profesional, para mahasiswa(i) dan BMI/ TKI di Sudan.


Nuansa Idul Fitri sangat berkesan bagi WNI di Sudan, dimana sebelumnya pasca penentuan jadwal 1 Syawal 1436H, Ibukota Khartoum malam harinya sempat diguyur hujan deras yang selama Ramadhan tidak pernah hujan. Kondisi tersebut sempat merepotkan panitia penyelenggara shalat id yang terpaksa harus menyelematkan kembali peralatan elektronik dan tikar permadani yang sudah tergelar di halaman wisma duta.
Adapun Imam shalat Id adalah Sdr. Kausar Afdhal dan Khatib Sdr. Muhammad Fakhrurrazi Anshar yang merupakan Ketua Eksekutif dan Legislatif Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) dengan siraman rohani guna memaknai semangat idul fitri dan ketaqwaan kepada Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari.
Duta Besar RI untuk Sudan dan Eritrea Bapak Burhanuddin dalam sambutannya mengucapkan selamat idul fitri kepada seluruh WNI di Sudan dan mengharapkan WNI dapat memanfaatkan suasana lebaran untuk saling bersilaturahmi guna mengeratkan tali persaudaraan di perantauan serta mengajak seluruh WNI untuk dapat menjaga keharmonisan dan kerukunan sesama WNI di Sudan.


Nuansa Ramadhan 1436H/2015M di Sudan, sejumlah kegiatan semarak bulan suci dilaksanakan seperti buka puasa bersama baik yang diadakan KBRI maupun oleh organisasi kemasyaratan dan organisasi kemahasiswaan/kepemudaan serta perwakilan partai politik Tanah Air beserta wadah kedaerahan dan almater pondok pesantren yang setidak-tidaknya telah mengobati kerinduan sebahagian besar WNI di Sudan akan kampung halaman yang tak ternilai harganya.
 
***