Tari Tanjung Katung memeriahkan Acara International “Gourmet” yang diselenggarakan Sekolah Angkatan Udara Pakistan

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Dalam rangka memperkenalkan Indonesia dan mempromosikan  kebudayaan dan pariwisata Indonesia, KJRI Karachi telah berpartisipasi pada pameran Internasional “Gourmet” pada tanggal 3 Januari 2010. Pameran ini diselenggarakan di Kampus Angkatan Udara Pakistan. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada setiap siswa mancanegara memperkenalkan negaranya. Siswa dari Angkatan Udara Indonesia mengikuti pendidikan di Sekolah Angkatan Udara Pakistan setiap tahun dan KJRI Karachi mendukung sepenuhnya pameran Internasional “Gourmet” dalam rangka Promosi Indonesia.

 

Stand Indonesia memamerkan  barang barang ciri khas Indonesia, produk-produk, kerajinan, batik, brosur dan buku-buku tentang budaya, makanan serta objek wisata Indonesia. Selain itu juga dipamerkan aneka makanan tradisional Indonesia yaitu: sate ayam, mie goreng, dadar gulung, peyek kacang, kue lapis beras. Pada kesempatan ini juga ditampilkan tarian tradisional Indonesia  antara lain: tari Ronggeng Blantek dan tari Tanjung Katung.

 

Terdapat 11 (sebelas) Negara dan provinsi provinsi di Pakistan yang ikut berpartisipasi pada pameran International “Gourmet” tersebut  yaitu: Saudi Arabia, Cina, Mesir, Indonesia, Iran, Yordan, Malaysia, Nigeria, Turki, Bangladesh, Libia dan  Punjab, NWFP, Balochistan, Sindh dan Kashmir.

 

Acara pembukaan pameran dilakukan dengan pengguntingan pita oleh Chief Guest yaitu Mrs. Tubraz (isteri dari Komandan Sekolah Angkatan Udara Pakistan). Acara dilanjutkan dengan tinjauan ke semua stand. Setelah peninjauan stand, acara dilanjutkan dengan makan siang dengan menu aneka macam makanan dari berbagai Negara. Pameran ini ditutup dengan acara hiburan yang dibawakan oleh anak-anak dari semua anak anak  siswa Angkatan Udara dari semua Negara.

 

Stand Indonesia dan makanan Indonesia mendapat perhatian yang cukup besar dan menarik perhatian para pengunjung. Begitu juga penampilan anak-anak Indonesia.  Pada acara penutupan, Komandan Sekolah Angkatan Udara Pakistan, Mr. Tubraz mengucapkan terima kasih atas partisipasi Indonesia. Khusus kepada anak anak Indonesia yang membawakan Tari Tanjung Katung, Komandan memuji dan memberikan apresiasi dengan mengajak anak anak Indonesia untuk berfoto bersama.