Tari Sajojo Meriahkan Penampilan “Indonesian Cultural Performance” di the City School, PAF Chapter , Karachi

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Kerjasama kebudayaan akan membuahkan kedekatan hubungan people to people contact dan pertunjukan budaya merupakan soft power yang akan memperkokoh persahabatan.

 

Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Karachi kembali ikut berpartisipasi pada acara  pertunjukan budaya yang diselenggarakan The City School, PAF Chapter, Karachi pada tanggal 26 Mei 2010. Tema acara pada kegiatan tersebut adalah Long life Indonesia Pakistan, Indonesia Pakistan Dosti Zinda Bad. Sebanyak 11 (sebelas) anak Indonesia menampilkan aneka tarian tradisional Indonesia. Anak-anak tersebut merupakan binaan  KJRI Karachi sejak beberapa bulan yang lalu.

 

Acara pertunjukan dihadiri sekitar 400 siswa the City school, PAF Chapter. Pada kesempatan ini KJRI Karachi menampilkan 4 ( empat) tarian traditional Indonesia yaitu : Tari Blantek, Tari Sajojo, Tari Tanjung Katung dan Tari Indang Badindin. Di sela-sela tarian pertama dan berikutnya, pembawa acara menerangkan tentang asal usul tarian dan keunikan tarian tersebut serta potensi obyek wisata yang bisa dikunjungi. Diantara keempat tarian yang ditampilkan oleh anak anak Indonesia tersebut, penonton memberikan tepukan yang sangat meriah ketika ditampilkan Tari Sajojo,  yang dibawakan oleh 7 (tujuh) orang anak. Penonton dan semua anak yang hadir bertepuk tangan dan mengikuti Tari Sajojo.

 

Partisipasi KJRI pada pertunjukan budaya ini selain dimaksudkan untuk mempromosikan Indonesia melalui penampilan beberapa tarian, juga memperkenalkan Indonesia berdasarkan keanekaragaman tarian yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Dalam hal ini Jakarta, Papua, Sumatra Utara dan Sumatra Barat.

 

KJRI Karachi terus mempromosikan Indonesia melalui penampilan tari- tarian Indonesia di berbagai kesempatan. Acting Konjen RI Karachi dalam berbagai kesempatan juga mengajak dan menawarkan pelajar dan anak-anak muda Karachi mempelajari tarian Indonesia, mereka dipersilahkan untuk datang dan mengikuti pelatihan tari Indonesia yang diselenggarakan setiap minggu di KJRI. Kegiatan ini juga merupakan suatu kesempatan yang sangat baik bagi generasi muda Indonesia maupun Pakistan mempelajari seni budaya Indonesia.

 

Penampilan anak-anak Indonesia di the City School, PAF Chapter  mendapatkan sambutan yang sangat meriah dari penonton. Ibu Neelam Baray, Kepala Sekolah the City School, PAF Chapter mengagumi dan memuji tarian Indonesia. Mereka berterima kasih dan mengatakan bahwa penampilan kebudayaan Indonesia merupakan pertunjukan budaya yang sangat menarik dan akan mereka kenang selamanya. Ibu Neelam Baray juga mengatakan :  Majulah persahabatan Indonesia Pakistan: Long live Pakistan Indonesia Friendship.