Pentas Budaya Indonesia mampu menghibur pengunjung 7th International Exhibition: My Karachi, oasis of harmony

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebagaimana kegiatan-kegiatan sebelumnya, kali ini KJRI Karachi  berusaha memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat Pakistan pada umumnya dan Provinsi Sindh pada khususnya dengan memanfaatkan kesempatan saat berlangsungnya pameran My Karachi, oasis of harmony.

 

My Karachi, oasis of harmony  telah diselenggarakan pada tanggal 11-13 Juni 2010 bertempat di Karachi Expo Center. Pada kesempatan tersebut KJRI telah menyelenggarakan pentas budaya pada hari Sabtu tanggal 12 Juni 2010.

 

Terkait dengan pentas budaya tersebut, KJRI telah menampilkan aneka tari tradisional Indonesia yang dibawakan oleh gabungan pelajar Indonesia dan Pakistan. KJRI telah menampilkan  7 (tujuh) tarian yaitu : Tari Puspawresti, Tari Badindin, Tari Blantek, Tari Tanjung Katung, Tari Piring, Tari Sajojo dan ditutup dengan tari Poco-poco telah memberikan nuansa nusantara di Karachi.

 

Hadir sebagai Chief Guest pada pentas budaya tersebut ketua komite keuangan National Assembly, Fauzia Wahab dan tamu penting lainnya adalah penasehat Chief Minister Bidang Investasi, Presiden Kadin beserta pucuk pimpinan dan anggota komunitas bisnis, industriawan dan pejabat perdagangan Provinsi Sindh.

 

Fauzia Wahab sangat terkesan dengan penampilan aneka tarian tradisional Indonesia. Ia mengatakan bahwa pentas budaya dan kegiatan kebudayaaan mampu meningkatkan harmoni dan membuat kedekatan hubungan Indonesia dan Pakistan. Fauzia Wahab menyaksikan penampilan aneka tarian dari berbagai wilayah di Indonesia. Ia mengucapkan terima kasih kepada Konsulat Jenderal Republik Indonesia Karachi yang telah berpartisipasi pada pameran internasional My Karachi, oasis of harmony dan telah menyelenggarakan pentas budaya yang sangat meriah dan sukses. Ia mengusulkan agar pameran dan kegiatan budaya ini tidak hanya dilaksanakan satu kali saja tetapi dapat dilaksanakan beberapa kali dalam setahun.

 

Kegiatan pentas budaya Indonesia pada My Karachi, oasis of harmony telah  diliput oleh berbagai media elektronik dan media cetak berbahasa Urdu dan Inggris.  Berbagai media elektronik mewawancarai Acting Konsul Jenderal. Acting Konsul Jenderal Trigustono Supriyanto mengatakan bahwa penyelenggaraan pentas budaya ini adalah dalam rangka memupuk persahabatan dan meningkatkan people to people contact antara Indonesia dengan masyarakat Pakistan umumnya dan masyarakat yang berdomisili di Karachi dan Provinsi Sindh pada khususnya.

 

Pentas budaya ini telah berjalan sukses dan mendapat sambutan yang luar biasa dari pengunjung pameran My Karachi, oasis of harmony. Malam itu, dari kapasitas tampung tempat duduk dan pentas yang disediakan, semua kursi terisi dan bahkan banyak penonton yang rela berdiri disekitar panggung menyaksikan pertunjukan budaya Indonesia. (Sumber: KJRI Karachi)