Melodi Musik Angklung membawa pesan harmoni, perdamaian dan persahabatan di Provinsi Sindh

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Penyelenggaraan kegiatan Seni dan Budaya Indonesia dan Pakistan yang diselenggarakan KJRI Karachi bekerja sama dengan Hyderabad Zila Nazim, City Goverment Hyderabad pada tanggal 21 Februari 2010 di Hyderabad Expo Center mendapat sambutan luar biasa dari penonton.
 
Gedung Hyderabad Expo Center yang berkapasitas lebih dari 1000 kursi, semuanya terisi. Tepuk tangan menggema di setiap akhir penampilan dan sebagian besar undangan menyampaikan apresiasi atas keragaman budaya Indonesia yang disuguhkan pada pagelaran seni dan budaya pada Indonesia-Pakistan Friendship Show.
 
Pada acara ini, KJRI telah menampilkan 6 (enam) tarian Indonesia yang dibawakan oleh group tari binaan KJRI yang terdiri dari pelajar Indonesia dan pelajar Pakistan yang telah mengikuti pelatihan tari tradisional Indonesia setiap minggu di KJRI. Keenam tarian dimaksud meliputi: Tari Puspawresti, Tari Piring, Tari Ronggeng Blantek, Tari Tanjung Katung dan Tari Indang Badindin. Berbagai brosur tentang pariwisata Indonesia juga dibagikan ke seluruh penonton.
 
Selain tari-tarian tersebut, KJRI menampilkan juga musik tradisional angklung yang membawakan 3 (tiga) jenis lagu yang dimainkan oleh ibu-ibu dharmawanita dan staf KJRI. Lagu-lagu yang dinyanyikan adalah: Mother, Huc-Huc Kutahe dan Kopi Dangdut. Pertunjukan musik angklung ini terselenggara karena KJRI Karachi mengundang bapak Sam Udjo dari musik angklung Mang Udjo Bandung untuk mengajarkan ibu ibu dharmawanita dan staf KJRI bermain musik angklung. Setelah menampilkan 3 lagu, bapak Sam Udjo juga menampilkan “angklung interaktif” dimana penonton diajarkan cara bermain angklung dan diajak bermain angklung dengan intruksi atau pelatihan singkat dari bapak Sam Udjo tentang bagaimana memainkan musik angklung.
 
Tidak kalah meriahnya, Hyderabad Zila Nazim menampilkan 2 (dua) orang penyanyi terkenal yaitu : Arif Lohar dari Provinsi Punjab dan Shazia Khushk dari Provinsi Sindh. Kedua penyanyi tersebut di Indonesia sekaliber penyanyi Bob Tutupoli dan Elly Kasim. Arif Lohar membawakan lagu lagu Jugni, Kiya me jhot boliya dan Dam mast mast, sedangkan Shazia Khushk membawakan lagu lagu : Bibi shirini, Ale muja manrun wara, Shahbaz kalander, Shehnai shadi kelia dan Dane pe dana.
 
Penyelenggaraan Indonesia-Pakistan friendship show telah berjalan dengan lancar. Penampilan artis Indonesia dan artis Pakistan mendapat sambutan yang sangat meriah dari penonton. Mereka memuji penampilan bapak Sam Udjo sebagai pelatih angklung professional dan artis Indonesia yang terdiri dari ibu ibu dharmawanita dan staf KJRI. Penampilan melodi musik angklung, tarian Indonesia dan artis Pakistan telah berhasil menebarkan pesan harmoni, perdamaian dan persahabatan. Penyelenggaraan Indonesia-Pakistan Friendship Show sangat bermanfaat selain dapat meningkatkan people to people contact, juga merupakan pendekatan yang efektif dan soft power dalam peningkatan hubungan sosial budaya kedua Negara serta promosi pariwisata Indonesia.