KJRI - KARACHI: Upaya Menjaring Wisatawan Dari Provinsi Sindh, Pakistan

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Dawn International Travel and Tourism Show adalah kegiatan yang dikhususkan untuk memasarkan potensi obyek wisata dan upaya menjaring wisatawan, yang diselenggarakan setiap tahun oleh Dawn Group, yang juga merupakan salah satu media terbesar di Pakistan.

Penyelenggaraan kegiatan tahun 2010 ini, telah dilaksanakan pada tanggal 9-10 Mei bertempat di hotel Pearl Continental yang merupakan salah satu hotel berbintang lima di Karachi. Pihak panitia telah menyediakan 40 stand yang terisi penuh oleh peserta.

Peserta yang berpartisipasi pada kegiatan Dawn International and Tourism Show tahun ini selain biro perjalanan, hotel, penerbangan dari Pakistan juga hadir peserta dari Konsulat Jenderal Malaysia. Turkey, Mesir, Thailand, Iran, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Kuwait, Sri Lanka termasuk Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Karachi.

Stand KJRI tahun ini telah menampilan film-film dan slide show foto-foto berbagai daerah wisata di Indonesia. Disamping itu, terdapat aneka brosur obyek wisata di Indonesia yang telah dimasukkan kedalam 1.000 buah tas khusus yang telah didekorasi secara cantik dan telah dibagi habis kepada para pengunjung. Selain menampilkan film-film dan slide show foto-foto obyek wisata di Indonesia, KJRI pada kesempatan ini telah menampilkan tarian Indonesia dengan melibatkan anak-anak Indonesia dan Pakistan.

Pada hari pertama penyelenggaraan pameran, KJRI telah menampilkan 3 tarian, yaitu Tanjung Katung, , Piring, dan Dindin Badindin Pada setiap penampilan tarian Indonesia ini, para pengunjung telah memberikan penghargaan yang sangat tinggi. Mengingat sambutan pengunjung tersebut, pihak penyelenggara secara khusus telah meminta kesediaan KJRI untuk menampilkan tarian Indonesia pada hari kedua.

Atas permintaan ini KJRI telah memberikan respon positif, dan pada hari kedua telah ditampilkan 4 tarian, yaitu Puspawresti, Piring, Tanjung Kantung dan Poco-poco. Pengunjung yang datang ke pameran tersebut selain para pelaku industri pariwisata, turut hadir juga dari para pengusaha dan industriawan besar di Pakistan.

Kehadiran para pengusaha dan industriawan di pameran tersebut mengingat kebiasaannya setiap tahun memberikan insentif kepada karyawannya yang berupa menyelenggarakan konferensi atau wisata bersama ke luar negeri. Menurut pihak penyelenggara, jumlah pengunjung tahun ini telah mencapai 1.500 orang.

Menteri Pariwisata Provinsi Sindh, Ms. Shahzia Marri telah mengunjungi pameran tersebut pada hari kedua dan pada kesempatan tersebut telah mengunjungi stand KJRI dan diterima oleh Acting Konsul Jenderal dan Pelaksana Fungsi Penerangan. Penyelenggaraan Dawn International Travel and Tourism Show tahun 2010 selama 2 hari ini telah berjalan dengan lancar dan meriah serta diliputi oleh media cetak dari Jung Group, Daily Times, Dawn Group serta media elektronik dari TV-One, CNBC, GEO-TV, KTN, Sindh-TV dan Metro-One.