Indonesian Solo Exhibition (ISE) 2009: Gebrakan KJRI Karachi dalam memperluas peluang pasar produk Indonesia

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Konsulat Jendral RI Karachi telah menyelenggarakan Pameran Tunggal (Indonesian Solo Exhibition/ISE) 2009 tanggal 10 -11 Oktober 2009,  bertempat di Beach Luxury Hotel, Karachi. Pameran dibuka pada pukul 11.00 oleh Menteri Perdagangan dan Industri Provinsi Sindh, Abdul Rauf Sidiqqui.

Duta Besar RI untuk Pakistan, Bapak Ishak Latuconsina dan beberapa pejabat tinggi dari BKPM dan Depertemen Luar Negeri turut hadir pada acara pembukaan tersebut. Acting Konsul Jenderal Trigustono Supriyanto dalam sambutan pembukaannya antara lain menyebutkan bahwa partisipasi pejabat terkait dan pebisnis Indonesia pada pameran ini merupakan komitmen Indonesia dalam rangka peningkatan hubungan dagang yang menguntungkan bagi Indonesia dan Pakistan.

Selain itu, kegiatan ini diharapkan mampu menggali potensi yang selama ini belum tergarap melalui pertemuan langsung para pelaku bisnis kedua negara. Pameran ini direncanakan akan diadakan secara berkesinambungan sebagai media promosi dagang dan penguatan jejaring antara pejabat terkait dan para pebisnis kedua negara. Setelah pembukaan ISE, Kedutaan Besar RI Islamabad menyelenggarakan Forum Bisnis. Topik Forum Bisnis yaitu: Prospek Hubungan Perdagangan dan Hubungan Bisnis antara Indonesia dan Pakistan setelah menandatangani Preferensial Trade Agreement (PTA).

Para pembicara yang menyajikan makalah berasal dari Kementrian Perdagangan Pakistan, Wakil dari Komunitas Bisnis Pakistan dan Wakil dari Komunitas Bisnis Indonesia.

Disela-sela pameran produk Indonesia, KJRI Karachi juga menyelenggarakan pameran foto yang menampilkan foto-foto kunjungan kedua Kepala Negara Indonesia dan Pakistan.
Disamping itu, Indonesian Solo Exhibition juga dimeriahkan dengan penampilan tari-tarian Indonesia antara lain tari puspawresti, tari piring, tari tanjung katung, tari sajojo dan tari poco-poco. Pengunjung pameran sangat terhibur dengan penampilan tarian Indonesia yang dilakukan oleh pelajar Indonesia dan pelajar Pakistan. Pada saat makan siang dan makan malam Ibu-ibu yang tergabung dalam Dharma Persatuan KJRI Karachi juga menyediakan aneka masakan/makanan Indonesia.

Penyelenggaraan Indonesian Solo Exhibition /ISE 2009 berjalan sukses dan lancar dan sangat bermanfaat tidak saja memberikan informasi tentang peluang-peluang bisnis tetapi juga meningkatkan citra dan membuka better networking antara Indonesia dan Pakistan.