Praktik Mengajar di ICC KJRI Johor Bahru, Mahasiswa UMY Sangat Terkesan

 

Indonesian Community Center (ICC) adalah salah satu fasilitas yang diberikan oleh KJRI Johor Bahru dalam bentuk layanan pendidikan bagi anak-anak WNI/PMI yang masih dalam usia sekolah atau memerlukan  pendidikan. Saat ini, ICC KJRI Johor Bahru memberikan layanan pendidikan bagi 250 anak usia SD sampai SMP. 

Pada pertengahan Juli 2017, lima mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta telah memilih ICC KJRI Johor Bahru sebagai tempat Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), yang dilaksanakan selama 2 bulan. Pada awalnya mereka tidak yakin apakah ICC Johor Bahru adalah tempat yang tepat untuk mengasah keterampilan mengajar yang mereka dapatkan dari bangku kuliah. Namun demikian, pada akhir masa PPL, anak-anak ICC KJRI Johor Bahru telah memberikan kesan mendalam bagi mereka. "Bukan hanya kami yang memberikan pengajaran kepada anak-anak, tetapi kami juga belajar kehidupan dari mereka. Di tengah-tengah keterbatasan yang mereka hadapi, anak-anak tetap semangat untuk belajar demi mengejar cita-cita dan masa depan yang lebih baik," ujar salah satu mahasiswa PPL. "Ini adalah pelajaran hidup yang tidak kami dapatkan di bangku kuliah," pungkasnya.

Pada tanggal 20 September 2017, KJRI Johor Bahru telah melepas mahasiswa PPL dari UMY tersebut yang telah menyelesaikan masa tugas PPL di ICC KJRI Johor Bahru. (KJRIJB/AFF)​