Makanan dan Tarian Indonesia Menggoyang Melaka

 

Konsul Jenderal RI Johor Bahru Bapak Haris Nugroho pada hari Senin, 11 September 2017 telah menghadiri "Launching Indonesian Food and Cultural Promotion" di Ramada Plaza Melaka. Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 11 - 24 September 2017 ini diselenggarakan oleh Ramada Plaza Melaka bekerja sama dengan pihak Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (DISPORAPAR)  dan  Dinas Pendidikan Kota Magelang serta Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarukmo Yogyakarta, SMKN 3 & SMK PLUS X Kota Magelang.

Dalam pembukaan kegiatan tersebut turut hadir YB Datuk Wira Hj. Ghazale, Deputy Executive Officer (EXCO) for Tourism, River, Beach and Island Development Committee Chairman, Bpk. Prof. Dr. Hj. Ari Purbayanto, Atase Pendidikan KBRI-KL, Pn. Norena Jaafar, Pengurus Besar Bahagian Promosi Pelancongan (Kadispar Negeri Melaka), wakil dari Dinas Pendidikan Kota Magelang serta pihak-pihak swasta dan pemerintah terkait di Melaka dan tamu hotel.

Konjen RI Johor Bahru dalam sambutannya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada pihak Ramada Plaza Melaka yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Disampaikan bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar dengan lebih dari 17,000 pulau dan memiliki sekitar 250 juta penduduk dengan beragam etnis, budaya, agama, bahasa dan makanan. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk lebih memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat Malaysia khususnya Melaka dan mempererat hubungan people to people contact serta hubungan kedua negara.

Para hadirin terpukau dengan tarian-tarian yang ditampilkan oleh 7 orang pelajar dari SMKN 3 Kota Magelang seperti Tari Getuk, Tari Pangastuti, Tari Belibis, dll. Serta makanan tradisional Indonesia yang dibuat oleh 2 orang juru masak yang juga dosen dari Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarukmo (STIPRAM) meliputi Gado-gado dan Trancam, Lontong Sayur, Es Campur, Ikan Tenggiri Bakar, Bajigur. (KJRIJB/ZIY/NM).​