KJRI Johor Bahru Pulangkan 156 WNI

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru, Rabu (26/1) sore ini melakukan pemulangan terhadap 156 orang warga negara Indonesia.  Sebanyak 142 orang WNI dipulangkan melalui Pelabuhan Pasir Gudang menuju Tanjung Pinang, Kepulauan Riau dan 14 orang lainnya adalah TKI Bermasalah yang ditampung di Shelter KJRI Johor  Bahru untuk dipulangkan melalui pelabuhan Stulang Laut menuju Pulau Batam.

 

Minggu ini telah dilakukan 3 kali pemulangan TKI Bermasalah. Dalam pelaksanaannya, petugas KJRI Johor Bahru mendatangi Depot Transit Imigrasi Pasir Gudang untuk melakukan wawancara sebagai upaya memastikan status kewarganegaraan sebelum ybs masuk kapal.

 

Khusus untuk pemulangan TKI-B yang telah selesai penanganan kasusnya di KJRI Johor Bahru akan dipulangkan ke Dinsos Kota Batam dengan didampingi oleh staf KJRI Johor Bahru.

Berdasarkan data dari Fungsi Konsuler KJRI Johor Bahru, selama tahun 2010 sebanyak 20.830 orang WNI telah dipulangkan melalui pelabuhan Pasir Gudang, Johor dan 514 dari 540 jumlah keseluruhan TKI Bermasalah yang ditampung di shelter KJRI Johor Bahru dipulangkan melalui pelabuhan Stulang Laut.

 

Dari wawancara yang dilakukan, rata-rata kasus pelanggaran yang dilakukan oleh WNI adalah memasuki wilayah Malaysia secara ilegal, overstay, penyalahgunaan ijin kerja dan beberapa kasus kriminal seperti perkelahian, pembunuhan, penyelundupan barang, mencuri dan yang terlibat pengedaran atau perdagangan obat terlarang.

 

Terkait penyelamatan dan pemulangan WNI, dalam tahun 2010, KJRI Johor Bahru juga telah beberapa kali menangani kasus nelayan yang ditangkap oleh badan otoritas laut Malaysia, bahkan kasus tertangkapnya 3 orang pejabat Kementerian Kelautan dan Perikanan pada bulan Agustus 2010 yang lalu.