Indonesian Promotion Center Wujud Diplomasi Ekonomi Indonesia di Johor Bahru

Indonesian Promotion Center (IPC) sebagai one stop information center mengenai promosi perdagangan, investasi, serta pariwisata Indonesia resmi dibuka di Johor Bahru, Malaysia. Konsul Jenderal RI Johor Bahru, Taufiqur Rijal, pada kesempatan peresmian pembukaan IPC (1/9/2015) menyampaikan bahwa keberadaan IPC ini diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan hubungan ekonomi antara Indonesia dan Malaysia khususnya dalam cakupan wilayah kerja KJRI Johor Bahru yaitu negeri Johor, Melaka, Pahang dan Negeri Sembilan.

Hadir dalam kesempatan peresmian tersebut perwakilan pengusaha Malaysia, tokoh-tokoh masyarakat Indonesia di Johor Bahru serta mitra kerja KJRI Johor Bahru lainnya.  Format pusat promosi ini merupakan pertama kalinya diselenggarakan oleh KJRI Johor Bahru. Dalam beberapa tahun terakhir upaya promosi dan diplomasi ekonomi yang dilakukan mengambil bentuk pameran tahunan dengan nama Indo Fair yang mengundang usaha kecil menengah (UKM) dari berbagai daerah di Indonesia. 
Konsul Jenderal RI Johor Bahru juga menyatakan bahwa fokus dari IPC adalah pemberian informasi dan membangun kontak bisnis antara pengusaha Indonesia dan Malaysia dalam jangka panjang karena itu secara khusus disiapkan pula tempat pertemuan mini untuk business matching antara pengusaha Indonesia dan Malaysia. Menempati areal seluas 29 m2 di Galeria@Kotaraya, salah satu pusat perbelanjaan di Johor Bahru, IPC akan dibuka selama 3 bulan, dari 1 September 2015 – 31 November 2015. Dalam kurun waktu tiga bulan tersebut, perwakilan pemerintah daerah dan pengusaha dari Batam, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya  secara bergantian akan melakukan promosi produk-produk unggulan, peluang investasi serta destinasi pariwisata. Selain itu, sebagai bentuk soft diplomacy, diperkenalkan pula berbagai budaya Indonesia melalui penampilan misi kesenian dari Indonesia maupun dari tim kesenian KJRI Johor bahru.
Keberadaan IPC tersebut merupakan salah satu wujud dari pelaksanaan misi diplomasi ekonomi Indonesia oleh KJRI Johor Bahru. Sejauh ini, KJRI Johor Bahru telah melaksanakan sejumlah kegiatan promosi Trade, Tourism and Industry (TTI) bekerjasama dengan komunitas bisnis setempat maupun pihak-pihak terkait di Indonesia dalam bentuk business matching, business mission dan business event, seperti Batam Opportunity Forum, Trade Expo Indonesia, SME’s Irda Johor Bahru-KUKM Batam, Sumatera Expo, JB-ASEAN Expo, PNE Electric-BP Batam, Pantech-BPMD Jabar, Epson-Kawasan Industri Jatim, Table Top Produk Wisata, dan MATTA Fair. (KJRIJB/DL/IM)