Indonesia dan Malaysia sepakati kerjasama perbatasan

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Johor Bahru, Konsul Jenderal Republik Indonesia di Johor Bahru, Bapak Jonas L. Tobing, menghadiri jamuan makan malam resmi yang sekaligus menutup Persidangan ke-28 JawatanKuasa Kerja / Kelompok Kerja Pembangunan Sosio Ekonomi Perbatasan Malaysia-Indonesia (JKK/KK Sosek Malindo) di M-Suite Hotel pada tanggal 11 November 2010.

Pada Persidangan ke-28 JKK/KK Sosek Malindo ini, telah dilakukan kesepakatan-kesepakatan yang dilakukan dalam rangka meningkatkan kerjasama di daerah perbatasan antara Indonesia dan Malaysia, meliputi: Ekonomi, Perhubungan dan Asuransi, Pemberantasan Penyelundupan, Pariwisata, Kesehatan, Kehutanan, Pos Perbatasan serta Sosial Kemasyarakatan.

Persidangan yang dilakukan oleh delegasi Malaysia yang dipimpin oleh Datuk Che Moin bin Umar, Timbalan Setiausaha Majlis Keselamatan Negara (Pengurusan Keselamatan) dan delegasi Indonesia yang dipimpin oleh Bapak Timbul Pudjianto, Direktur Jenderal Pemerintahan Umum, Kementerian Dalam Negeri, antara lain menghasilkan kesepakatan untuk membentuk Sosek Malindo Business Council, pengoperasian mobil ambulance dari Kalimantan Barat untuk mendapatkan layanan darurat di Kuching, pengaturan ekspor gula pasir dari Malaysia ke Indonesia serta pembahasan mengenai Border Trade Agreement antara Kementerian Perdagangan dan Industri kedua Negara.

Pada acara makan malam yang dihadiri oleh sekitar 100 undangan dilakukan penandatanganan hasil kesepakatan antara kedua Negara. Selain itu, pada kesempatan ini kedua delegasi menyepakati pembuatan logo Sosek Malindo yang akan mulai digunakan pada persidangan berikutnya.