Perkembangan Korban Kapal Karam di Sungai Tengah, Johor

10/15/2014

 

SIARAN PERS

KJRI Johor Bahru
Perkembangan Korban Kapal Karam di Sungai Tengah, Kota Tinggi, Johor
 
No. 019/X/2014
 
Jumlah korban meninggal kapal karam di Sungan Tengah, Bandar Penawar, Kota Tinggi, Johor, Malaysia bertambah menjadi lima orang sementara korban selamat adalah 36 orang.  Korban selamat selama saat ini masih dalam proses penyidikan oleh Agensi Penguatkuasa Maritim Malaysia (APMM).
 
Kapal tersebut karam pada 14 Oktober 2014 setelah dilanda ombak besar pada saat menaikan penumpang yang merupakan WNI/TKI ilegal sekitar 70 meter dari pantai. Satgas Perlindungan WNI KJRI Johor Bahru telah memberikan bantuan kekonsuleran terhadap korban yang selamat dan membantu proses identifikasi jenazah korban yang meninggal dunia untuk kemudian dikebumikan di Malaysia atau dipulangkan ke Indonesia.
 
Kasus kapal karam atau tenggelam yang membawa WNI/TKI ilegal melalui jalur tidak resmi ini merupakan yang ketiga kalinya terjadi di wilayah kerja KJRI Johor Bahru dalam tahun 2014. Sebelumnya kapal tenggelam terjadi di Muar (Juni 2014) dan Tanjung Piai (Agustus 2014). Ketiga kejadian tersebut telah memakan korban jiwa warga negara Indonesia. (KJRI JB/SN/DL)