Penangkapan WNI di jalur ilegal

5/15/2014

 

?

SIARAN PERS

KJRI Johor Bahru

APMM Tangkap 65 WNI 

 No. 009/V/2014

                 Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM) telah menangkap 67 orang yang diduga melakukan pelanggaran hukum di perairan Tanjung Punggai, Kota Tinggi, Malaysia pada 13 Mei 2014 pukul 10.30 malam. Dari verifikasi yang dilakukan oleh KJRI Johor Bahru atas penangkapan tersebut diketahui terdapat 65 WNI yang terdiri dari 56 laki-laki, 7 perempuan, dan 2 anak perempuan. Adapun 2 orang lainnya merupakan warga negara Malaysia dan pemegang kartu identitas hijau yang masih disiasat kewarganegaraannya.

 

                Mereka berasal dari Lombok dan Jawa dan mengaku membayar antara RM 600-3000 kepada agen/calo untuk dapat pulang ke Indonesia melalui jalur tidak resmi.

 

                Recananya mereka akan dibawa ke Mahkamah untuk disidangkan. KJRI Johor Bahru telah meminta agar 12 orang yang tergolong vulnerable  yaitu perempuan hamil, anak kecil, dan perempuan berusia lanjut (di atas 50 tahun) dapat segera dipulangkan. Mereka akan diupayakan untuk memperoleh putusan Perintah Tangkap Usir (PTU) sehingga dapat langsung dideportasi tanpa menjalani hukuman penjara. Adapun WNI lainnya diharapkan mendapatkan PTU atau hukuman yang paling ringan. KJRI Johor Bahru terus mendamping WNI tersebut dan memberikan bantuan kekonsuleran. (Sumber: KJRI JB/dl/dh)