Konsul Jenderal: “Tingkatkan Profesionalisme dan Kompetensi”

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

KORPRI Sub Unit KJRI Jeddah pada Kamis (1/12/2011) telah menyelenggarakan syukuran peringatan HUT KORPRI ke-40 di gedung pertemuan Balai Nusantara. Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh pejabat dan pegawai KJRI Jeddah beserta keluarga tersebut dimaksudkan untuk memupuk jiwa korsa, silaturahim, sekaligus menjadi wadah pembinaan bagi para pegawai KJRI Jeddah. Hal ini selaras dengan tema peringatan “Dengan semangat HUT ke-40 KORPRI Kita Tingkatkan Pembinaan Jiwa Korp Pegawai Republik Indonesia dalam Ke-Bhinnekaa-an guna Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan NKRI Mendukung Keberhasilan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi”.

Dalam sambutannya, Konsul Jenderal RI Jeddah Zakaria Anshar menyampaikan bahwa menjadi pegawai di perwakilan merupakan pekerjaan yang sangat mulia, karena apa yang kita kerjakan adalah untuk kepentingan negara, pemerintah dan masyarakat. “Dalam sebuah Hadits Rasulullah disebutkan bahwa Sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang paling banyak memberikan manfaat bagi sesama.” Tutur Zakaria. Agar dapat memberikan manfaat, kata Zakaria, yang harus kita lakukan antara lain melandasi setiap pekerjaan yang kita lakukan dengan niat ikhlas, melaksanakan kewajiban dengan benar dan mengambil atau menerima bagian yang menjadi hak kita secara benar.

Pada bagian lain, Konsul Jenderal sempat mengutip beberapa amanat yang tercantum dalam sambutan Presiden Republik Indonesia selaku Penasehat Nasional KORPRI, antara lain:
  1. Mari kita sukseskan seluruh agenda percepatan pembangunan menuju tercapainya Indonesia sebagai negara maju. Tingkatkan profesionalisme dan kompetensi saudara sebagai aparatur negara. Pelihara dedikasi, integritas, dan loyalitas yang tinggi dalam melaksanakan tugas. Tampilkan KORPRI sebagai organisasi kedinasan yang netral dan professional. Pedomani Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2010 tentang Pengesahan Anggaran Dasar KORPRI.
  2. Sikapi secara responsif dan konstruktif berbagai kritik dari masyarakat. Jawablah kritik dari masyarakat dengan melakukan inovasi, meningkatkan kualitas pelayanan publik, serta pelayanan birokrasi yang makin murah, makin cepat, makin mudah dan makin baik.
  3. Mari kita wujudkan tata pemerintahan yang baik. Bangun budaya birokrasi yang kredibel dan akuntabel. Lanjutkan upaya pemberantasan korupsi dan perilaku koruptif di semua lini birokrasi.
  4. Laksanakan tugas pengabdian dengan penuh tanggung jawab. Jangan kecewakan rakyat. Bekerjalah segiat mungkin, berikhtiarlah dengan penuh disiplin, dan kedepankan rasa tanggung jawab dengan semangat untuk berbuat yang terbaik. Jadikan pelaksanaan tugas pengabdian saudara sebagai bagian dari ibadah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.


“Dalam memperingati HUT KORPRI, mari kita kembali ke jati diri kita, menjadi abdi negara, abdi pemerintah dan abdi masyarakat untuk mencapai kesejahteraan negara, keluarga dan diri kita sendiri” ujar Konsul Jenderal mengakhiri sambutannya.



Kegiatan syukuran yang berlangsung sederhana dan khidmat tersebut ditutup dengan pemotongan kue oleh Konsul Jenderal dan dimeriahkan dengan lomba menyanyi karaoke keluarga staf KJRI dan pertandingan futsal oleh para staf dan pegawai KJRI Jeddah. (PFP II)