KRI Dewaruci Mampir di Jeddah

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Perjalanan panjang Kapal Latih Layar Tiang Tinggi KRI Dewaruci menuju Eropa, kini tiba di Islamic Port Jedah, Arab Saudi,Sabtu (24/4) pukul 09 pagi. Merapatnya KRI buatan Jerman tahun 1953 di Jeddah disambut oleh Konsul Jenderal RI Jeddah Zakaria Anshar, Atase Pertahanan (Athan) RI Kolonel Kavaleri Achmad Riad, Kepala kunjungan Kapal Asing AL Saudi Arabia dan para pejabat Konjen RI di Jeddah serta murid Sekolah Indonesia Jeddah.

Ada yang lain dan luar biasa dirasakan oleh ABK Dewaruci dibanding dengan sandar di pelabuhan kota-kota lainnya, karena mereka akan mendapat kesempatan untuk melaksanakan ibadah umroh di Baitullah Mekah Al-Mukaromah dan zirah ke Masjid Nabawi di Madinah.

Pelaksaan ibadah umrah yang diikuti oleh 75 ABK yang beragama islam tersebut merupakan keistimewaan tersendiri yang dirasakan oleh para ABK.

Kedatangan KRI Dewaruci di Jeddah ini, merupakan yang ketiga sejak tahun 2003 lalu, sebelumnya KRI Dewa Ruci pernah bersandar pada tahun 2005.

Menurut Komandan KRI Letkol Suharto,selain melaksanakan umroh ,selama berada di Jeddah rencananya ABK KRI Dewa Ruci akan melakukan pertandingan persahabatan dengan Angkatan Laut Arab Saudi courtesy call ke Panglima Angkatan Laut Kerajaan Saudi Arabia wilayah barat, Direktur Pelabuhan Jeddah, menggaelar coctail party di KRI Dewaruci.

Selanjutnya KRI Dewa Ruci akan bertolak menuju Port Said Mesir pada 28 April. Adapun rute yang dilewati padamuhibah 2010 ini adalah Surabaya, Jakarta, Sabang, Cochin (India), Salalah (Oman), Jeddah (Arab Saudi), Portsaid (Mesir), Volos (Yunani), Varna (Bulgaria), Istambul (Turki), Lavrion (Yunani), Tunisia, Aljazair, Malaga (Spanyol), Cherbourg Prancis, Antwerp (Belgia), Aalborg (Denmark), Kristiansand (Norwegia), dan Hartlepool (Inggris).

Kemudian kapal tersebut akan kembali ke Tanah Air melalui Brest (Prancis), Amsterdam (Belanda), Brernerhaven (Jerman), Cadiz (Spanyol), Cagliari (Italia), Aleksandria (Mesir), Jeddah (Arab Saudi), Aden (Yaman), Mumbai (India), Kolombo (Sri Langka), Belawan, Jakarta, dan Surabaya.

Selama melaksanakan pelayaran muhibah ke Eropa, para personel KRI Dewaruci akan mempertahankan sejumlah piala dalam kejuaraan layar pernah dimenanginya, di antaranya, “The Historical Seas Tall Ships Regatta” dengan route: Yunani-Bulgaria-Istambul pada 12 Mei-4 Juni 2010.

Pada tanggal 13 Juli-7 Agustus 2010 mengikuti “The Tall Ships Race” dengan rute Antwerp (Belgia)-Aalborg (Denmark)- Kristiansand (Norwegia)-Hartlepool (Inggris). Kemudian pada 20-23 Agustus 2010 mengikuti festival “Sail Amsterdam” di Belanda. Pada 25?29 Agustus 2010 bertarung di ajang “Sail Brernerhaven” Jerman. Disusul pada 8-13 September 2010 mengikuti “Festival International Mediferraneo and Velieri di Cagliari” di Italia.