MALAM TEMU WARGA YANG DIGELAR KJRI JEDDAH BERLANGSUNG MERIAH

​​

​JEDDAH - Puncak rangkaian kegiatan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-70 dikemas dalam ajang Temu Warga yang berlangsung Jumat malam (28/8) di kompleks Wisma Konjen RI Jeddah.

 

Sejak pukul 17:00 pengunjung mulai mengalir ke lokasi acara yang berdatangan dari berbagai sudut Kota Jeddah, Mekkah, Rabegh dan daerah-daerah sekitarnya.

Acara dimulai pada pukul 19:30 dengan sambutan Konjen RI Jeddah Dharmakirty Syailendra Putra didampingi perwakilan para sponsor sekaligus membuka secara resmi ajang Temu Warga 2015.


"Acara ini digelar selain untuk memberikan hiburan buat warga juga untuk menggalang persatuan antar masyarakat Indonesia, " ucap Konjen dalam sambutannya.

Lebih lanjut Konjen RI mengajak seluruh pengunjung agar menjaga keamanan dan ketertiban selama acara berlangsung.


"Hormatilah ketentuan pemerintah setempat. Kalau kegiatan yang kita langsungkan malam ini berjalan aman, tertib dan lancar, insya Allah tahun depan kita bisa adakan lagi," janji Konjen kepada para pengunjung yang memadati setiap sudut Kompleks Wisma Konjen.


Selanjutnya Konjen melakukan pemukulan gong sebanyak tiga kali sebagai tanda dibukanya secara resmi perhelatan akbar Malam Temu Warga dalam rangka puncak perayaan HUT ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia.


Pengunjung kemudian diajak menyimak pesan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi melalui tayangan video yang dikhususkan bagi masyarakat Indonesia yang berada di wilayah kerja KJRI Jeddah.


"Kementerian Luar Negeri RI melalui perwakilannya khususnya KJRI Jeddah tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan dan perlindungan terbaik kepada seluruh masyarakat," pesan Menlu.


Namun demikian, kata Menlu, upaya perlindungan terhadap WNI memerlukan keterlibatan unsur masyarakat. "KJRI adalah mitra masyarakat."


Diperkirakan sebanyak 2500 pengunjung memadati kompleks Wisma Konjen RI Jeddah untuk menghadiri malam puncak rangkaian perayaan HUT ke-70 Kemerdekaan RI.

Sajian aneka kuliner Nusantara seperti sate padang, soto padang, Coto Makassar, soto ayam, pempek kapal selam, lenjer adaan kulit, nasi goreng, aneka jus buah, dawet dan aneka minuman lainnya turut memanjakan selera pengunjung yang kangen akan masakan khas Nusantara.


Mengingat mepetnya waktu, padatnya acara dan membludaknya pengunjung, Panitia memecah panggung hiburan di dua titik, yakni di halaman dan di dalam gedung Balai Nusantara. Pembagian hadiah berlangsung di halaman sementara hiburan musik digelar di dalam gedung.


Acara hiburan dimeriahkan oleh parade kesenian tradisional persembahan siswa-siswa Sekolah Indonesia Jeddah, Sekolah Indonesia Makkah, Sekolah Darul Ulum Jeddah dan TPA An-Naashiriyah.


Sementara panggung Balai Nusantara digebrak dengan dua tembang lagu Tua-Tua Keladi dan Mungkin nanti suguhan dari band KJRI Jeddah Rehab5 Band pimpinan Ahsanul Hak CS, dan secara berselang-seling tembang-tembang dangdut mengalun dari perwakilan BMI-SA, PosperTKI dan Aktivis Mekkah.


Pengacara Band dan Shati Band yang beranggotakan siswa-siswa SIJ turut menghangatkan suasana perhelatan rakyat yang sempat vakum selama beberapa tahun terakhir.

Suasana semakin panas dengan aksi panggung grup Band BRE dari para alumni SIJ yang membawakan lagu-lagu menghentak It's My Life dari Bon Jovi dan Kebyar-kebyar besutan Alm. Gomloh.


Saat yang ditunggu-tunggu tiba, yaitu penarikan door prize untuk 67 pengunjung yang beruntung. Berbagai hadiah menarik berupa 4 buah tiket pesawat Garuda Indonesia Jeddah-Jakarta-Jeddah dipersembahkan para sponsor disamping puluhan perangkat elektronik serta voucher belanja.


Ajang Malam Temu Warga ini berlangsung berkat dukungan Garuda Indonesia, Waskita Karya, Pinehill Arabia Food limited , Rabel Cargo, Sriwijaya, Jakarta Oriental Restaurant, Western Union, Alia Wisata, Bahrawi Group Travel Handling dan Toyota Abdul Latif Jameel.


Sementara dukungan dokumentasi dipersebahkan oleh Team Kompak, komunitas WNI kreatif dibidang audio-visual yang berbasis di Jeddah.


Selain itu, kerja sama baik sejumlah komunitas masyarakat seperti BMI-SA dan PosperTKI turut berkontribusi terhadap keberhasilan penyelenggaraan malam puncak yang dikemas dalam ajang Malam Temu Warga.(afc)​