Gelar Demo Masak, DWP KJRI Jeddah Tampilkan Chef Hotel Berbintang

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tidak seperti biasanya ruang serba guna KJRI Jeddah pada Jum’at sore (6/1/2012) dipenuhi para pengurus dan anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) KJRI Jeddah. Mereka tampak berkerumun dan mengerubungi seorang laki-laki berseragam putih yang berdiri di depan, sambil sesekali mengangguk-anggukkan kepala dan berujar “Ooh…begitu tokh caranya”. Itulah gambaran pelaksanaan demo masak oleh Chef Suyadi yang diselenggarakan oleh pengurus DWP KJRI Jeddah dan turut didukung oleh Ny. Merry Angkoso dari perwakilan Indonesian Hoteliers Middle East (IHME).

Sebelum memulai demo masak, kepada hadirin, Sarjana Pendidikan lulusan Universitas Negeri Yogyakarta yang akrab disapa Yadi ini menyampaikan bahwa sebenarnya memasak itu merupakan kegiatan yang seru dan mengasyikkan. Namun begitu, sayangnya terkadang kita merasa malas untuk melakukannya. Padahal, lanjut Yadi, dengan bisa memasak membuat kita lebih menghargai makanan dan menghargai orang lain yang memasakkan makanan untuk kita. “Meskipun perasaan malas kadang menghinggapi kita, namun kita harus tetap dapat menyempatkan dan setengah memaksa diri untuk beranjak ke dapur dan segera membuat makanan dan memasak walau menunya sederhana dan porsinya hanya untuk kita sendiri”, kata Yadi.



Dalam acara yang dihadiri oleh kebanyakan ibu rumah tangga tersebut, Chef Yadi memamerkan kepiawaiannya memasak Tom Yam soup, sweet and sour chicken (ayam asam manis) dan black pepper beef (sapi lada hitam). Tidak hanya itu, sang koki yang pernah bekerja di beberapa hotel ternama di Jeddah, Dubai dan Kuwait City ini juga berbagi ilmu mengenai persiapan memasak ala Chef Yadi dan tips memasak secara mudah dan cepat.

Hadirin nampak antusias mengikuti demo masak tersebut. Hal ini ditunjukkan dari besarnya atensi mereka dan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan langsung kepada chef hotel yang berada di Makkah Clock Royal Tower itu di sela-sela berlangsungnya demo masak.

Setelah ketiga resep menu selesai didemonstrasikan, hadirin berkesempatan mencicipi hasil masakan pria yang ramah ini. “Mmm…rasanya lezat dan sedaap!”, ujar salah seorang ibu mengomentari rasa sapi lada hitam.

Usai acara, keceriaan nampak terpancar dari raut wajah hadirin, seakan tidak sabar untuk segera mencoba resep dimaksud dan mempraktikkan tips memasak yang baru saja mereka dapatkan.

Tidak keliru rasanya pengurus DWP KJRI Jeddah mengundang Chef Yadi, karena dari keterampilan kedua tangannya terhidang masakan nan lezat, yang dihasilkan dengan mudah dan cepat serta menginspirasi banyak ibu yang hadir pada acara tersebut.—PFP II.