Dubes RI Riyadh dan Konjen RI Jeddah Hadiri Acara Pemilihan dan Pelantikan Mandub Mahasiswa Indonesia Universitas Islam Madinah

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sedikitnya 250 mahasiswa Indonesia yang belajar di Universitas Islam Madinah (UIM) berkumpul di sebuah gedung pertemuan (Istirohah) Al Hikmah di pinggiran kota Madinah untuk menghadiri acara pemilihan dan pelantikan Mandub (utusan/perwakilan) mahasiswa Indonesia UIM periode 1433-1434 H, Jumat (10/2/2012).

Acara rutin tahunan yang biasa dijadikan ajang silaturahim dan perkenalan antar mahasiswa dan pejabat Perwakilan RI di Arab Saudi tersebut juga diisi dengan pembagian hadiah bagi para pemenang lomba olahraga dan lomba karya tulis ilmiah.

Turut hadir dalam acara tersebut Duta Besar RI untuk Kerajaan Arab Saudi Gatot Abdullah Mansyur, Konsul Jenderal RI Jeddah Zakaria Anshar, Pejabat Fungsi Pensosbud, Atase Pertahanan, Atase Pendidikan dan sejumlah pejabat lainnya dari KBRI Riyadh maupun KJRI Jeddah.



“Anak-anakku mahasiswa. Kalian mungkin sudah melihat perkembangan situasi Indonesia dengan segala hiruk-pikuknya. Ada yang menyenangkan, ada pula yang tidak mengenakkan. Namun begitu, janganlah hal itu disikapi secara negatif dan pesimistik. Semua itu adalah proses dan kita telah memilih jalan reformasi untuk menciptakan negara demokratis seperti yang kita harapkan bersama. Bahkan negara besar seperti Amerika Serikat pun butuh waktu 300-an tahun agar kondisi sosial politiknya bisa adem-ayem seperti sekarang ini”. Demikian kata Dubes Gatot dalam sambutannya.

“Yang penting, anak-anakku sebagai mahasiswa kiranya dapat aktif menulis surat, memberikan masukan-masukan konstruktif kepada para pemangku kebijakan di Tanah Air. Adakan diskusi-diskusi ilmiah dan sampaikan hasilnya kepada mereka, agar jalannya demokrasi bisa sesuai dengan yang kita harapkan,” lanjutnya.

Konjen Zakaria yang turut memberikan sambutan pada kesempatan itu berpesan kepada para mahasiswa agar dapat benar-benar memanfaatkan masa-masa indah belajar di Kota Nabi Madinah Al Munawwarah, mengawalinya dan mengakhirinya dengan Indah. “Ingatlah selalu bahwa kehadiran antum (kalian) di sini adalah untuk belajar. Dari sekitar 1,2 juta WNI yang berada di Arab Saudi ini terdapat sekitar 250-an orang yang memperoleh kesempatan dan fasilitas istimewa berupa beasiswa belajar. Istimewa, karena teman-teman mahasiswa tugasnya hanya belajar dan tidak perlu memikirkan biaya kuliah”, jelas Zakaria.



Sementara itu Atase Pertahanan KBRI Riyadh Kolonel Kav. Ahmad Riad dalam sambutan singkatnya menyinggung hubungan antara ketahanan dengan pendidikan. Menurutnya ketahanan sesungguhnya memiliki dimensi yang luas, dari A sampai Z, termasuk di dalamnya pendidikan. “Jadi, saudara-saudaraku mahasiswa yang saat ini belajar di sini (Madinah) pada gilirannya diharapkan akan pulang ke Tanah Air dan mengabdi di tengah-tengah masyarakat dengan ilmunya demi memperkuat ketahanan NKRI dalam menghadapi segala bentuk gangguan, ancaman, dan tantangan dari segala sisinya, “ imbuhnya.

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat tersebut, terpilih sebagai Mandub yang baru Saudara Ragil Wicaksono dan sebagai Wakil Mandub Saudara Hudzaifah. Keduanya merupakan mahasiswa tahun ke-3.



Dibandingkan dengan beberapa universitas lainnya di Arab Saudi, UIM merupakan lembaga pendidikan yang memberikan bantuan beasiswa terbesar bagi mahasiswa asal Indonesia mulai dari jenjang program persiapan masuk universitas (pre-university), program S1, S2 hingga S3. Dari tahun ke tahun jumlah mahasiswa Indonesia yang diterima di universitas ini terus meningkat.

Pada tahun ini saja, UIM memberikan beasiswa penuh bagi 132 calon mahasiswa Indonesia, lebih banyak dari tahun sebelumnya yang hanya 117 orang, untuk belajar di universitas yang terletak di kota penghasil kurma Ajwa ini. Sehingga, total mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di UIM mencapai 392 orang dan menjadikannya mahasiswa asing terbesar di UIM dari segi jumlah, dibandingkan negara lainnya. Umumnya mereka mengambil berbagai program studi di Fakultas Dakwah dan Ushuludin, Syariah, Al-Quran, Hadits dan Bahasa Arab.