Lowongan Posisi Direktur Eksekutif ASEAN Foundation

 

ASEAN Foundation yang berada di Jakarta, Indonesia sedang membuka lowongan untuk posisi Direktur Eksekutif yang akan bertugas mengawal upaya ASEAN Foundation dalam mendorong kesadaran publik di kawasan terhadap ASEAN dan mendukung terbentuknya Masyarakat ASEAN yang lebih menyatu.

Sejak berdirinya ASEAN Foundation melalui Piagam ASEAN pada tahun 1997, ASEAN Foundation telah memperkuat kerja sama dan koordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan di ASEAN. ASEAN Foundation memberikan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa dan memperluas jaringan, mendukung pertukaran pemuda antar negara anggota ASEAN, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat ASEAN. ASEAN Foundation juga mendukung kegiatan yang mempromosikan identitas ASEAN di kawasan melalui penguatan interaksi lintas negara antara seniman, akademisi, masyarakat, organisasi nonpemerintah, dan pebisnis.

Direktur Eksekutif akan melanjutkan kesuksesan ASEAN Foundation sebelumnya di mana ASEAN Foundation akan merayakan Hari Jadi yang ke-20 pada tahun 2017 dan memberikan kontribusi terhadap realisasi visi ASEAN 2025: Forging Ahead Together.

Kandidat terpilih akan memiliki rekam jejak yang terbukti baik di sektor publik, privat maupun organisasi nonprofit. Kandidat tersebut akan berkomitmen pada pembangunan Masyarakat ASEAN dan memiliki pemahaman yang baik mengenai bagaimana menjalin kerja sama yang baik dengan pemerintah, pebisnis, masyarakat, dan akademisi. Sebagai seorang pemimpin yang menginspirasi dan dapat mengawal berbagai program, hubungan kerja sama, dan pilihan prioritas yang sangat kompleks, Direktur Eksekutif selanjutnya harus dapat mendukung peran ASEAN Foundation dalam membangun Masyarakat ASEAN yang lebih kuat dan menyatu.

Fungsi

Direktur Eksekutif harus memberikan visi, kepemimpinan, dan arahan terhadap organisasi serta bertanggung jawab atas operasional organisasi setiap harinya.

Direktur Eksekutif bertanggung jawab dalam mengawal perkembangan dan implementasi rencana kerja organisasi baik jangka pendek maupun jangka panjang. Direktur Eksekutif juga mengatur segala urusan administratif dan operasional ASEAN Foundation (termasuk kebijakan, anggaran, dan kepegawaian). Direktur Eksekutif akan memainkan peran yang signifikan dalam mengamankan sumber pendanaan yang dibutuhkan untuk menjalankan dan mengembangkan inisiatif dan program ASEAN Foundation. Direktur Eksekutif akan membangun hubungan kerja yang positif dengan berbagai pemangku kepentingan eksternal dan menyampaikan laporan kepada Board of Trustees ASEAN Foundation.

Kualifikasi

Direktur Eksekutif harus memiliki kualifikasi sebagai berikut:

  • Memiliki kewarganegaraan negara anggota ASEAN.
  • Memiliki ijazah universitas atau kualifikasi profesional dari institusi terkemuka, diutamakan yang memiliki disiplin ilmu seperti Administrasi Bisnis, Personalia, atau Kebijakan Publik. Kandidat dengan gelar yang lebih tinggi akan lebih diutamakan.
  • Memiliki pengalaman kerja profesional setidaknya 10 tahun dengan posisi pada tingkat manajerial selama setidaknya 5 (lima) tahun, seperti pemimpin pada organisasi menengah atau pemimpin senior pada organisasi besar yang melibatkan manajemen perubahan organisasi yang signifikan.
  • Memiliki pengalaman dalam pengembangan anggaran, analisis manajemen pendapatan dan fiskal, serta perencanaan.
  • Memiliki kemampuan dalam penggalangan dana dan penulisan hibah, termasuk kemampuan untuk mengembangkan jaringan pemberi dana dan organisasi mitra, serta pengalaman mendalam dalam bernegosiasi dengan pemangku kepentingan dari berbagai sektor.
  • Memiliki pemahaman yang baik mengenai isu-isu ASEAN.
  • Memiliki pengalaman dalam mengembangkan dan mengawal strategi komunikasi dan media.
  • Memiliki kemampuan yang dibutuhkan untuk mempererat hubungan kerja yang baik dengan pemerintah negara anggota ASEAN dan Mitra Wicaranya, badan regional dan internasional terkait, serta berbagai sektor seperti yayasan dan organisasi masyarakat, khususnya yang berada di kawasan Asia Tenggara.
  • Fasih dalam berbahasa Inggris.
  • Memiliki fisik dan mental yang sehat.

Remunerasi 

Kandidat terpilih akan menerima tawaran menarik yang terdiri dari gaji pokok sebesar USD 6.000 setiap bulan dan berbagai manfaat lainnya, termasuk tunjangan rumah, kesehatan, serta pendidikan bagi anak yang memenuhi syarat.

Posisi tersebut akan berada di Jakarta, Indonesia, dengan masa jabatan yang tidak diperpanjang selama periode 3 (tiga) tahun, dimulai pertengahan Januari 2017.

Mohon mengirimkan surat lamaran dengan mencantumkan posisi yang dituju dan melampirkan kelengkapan dokumen sebagai berikut:

  1. Daftar riwayat hidup
  2. Pas foto terbaru, dan
  3. Pernyataan tertulis mengenai visi untuk ASEAN Foundation sebanyak 300 kata.

ke alamat atau surat elektronik di bawah ini:

​Post AF-ED

ASEAN Foundation

2 Jl. Sam Ratulangi, Menteng

Jakarta 10350, Indonesia

atau

recruitment@aseanfoundation.org

 

Tenggat waktu:  15 Mei 2016

 

 

Informasi lebih lanjut mengenai kerangka acuan jabatan Direktur Eksekutif ASEAN Foundation dapat dilihat di website di bawah ini:

 

www.aseanfoundation.org

 

Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi.