LOKAKARYA NASIONAL MENGENAI â??PERAN SEKTOR BISNIS DALAM PEMENUHAN, PEMAJUAN DAN PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA DI INDONESIAâ? JAKARTA, 20-21 DESEMBER 2004

12/16/2004

No.  91/XII/2004

Departemen Luar Negeri Republik Indonesia akan menyelenggarakan Lokakarya Nasional mengenai “Peran Sektor Bisnis dalam Pemajuan dan Perlindungan Hak Asasi Manusia di Indonesia” di Hotel Borobudur, Jakarta, pada tanggal 20-21 Desember 2004.

Lokakarya tersebut diselenggarakan untuk mengkaji teori dan praktek dalam rangka meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab sektor bisnis dalam pemajuan  hak asasi manusia, terutama di Indonesia. Lokakarya akan membahas topik-topik terkait, yaitu : Standarisasi dan pembakuan norma HAM Internasional mengenai tanggung jawab perusahaan multinasional dan lembaga bisnis lainnya; Global Compact sebagai sebuah inisiatif; Corporate Social Responsibility (CSR); Kebijakan Pemerintah dalam mendorong peran sektor bisnis di bidang HAM di Indonesia; Penerapan CSR di Indonesia;  Kasus Pelanggaran HAM oleh sektor bisnis di Indonesia; dan Sektor Bisnis (Corporate) sebagai subyek hukum dalam kaitannya dengan HAM.

Lokakarya akan dibuka secara resmi oleh Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Dr. N. Hassan Wirajuda, dan akan diikuti oleh lebih kurang 100 peserta dari berbagai kalangan terkait. Lokakarya akan menghadirkan para pembicara yang terdiri dari para pakar/akademisi, pejabat pemerintah, Komnas HAM, Praktisi Bisnis, LSM dan tokoh-tokoh lainnya.

Dengan penyelenggaraan lokakarya ini diharapkan akan diperoleh kesimpulan dan rekomendasi bagi para stake holders, khususnya pemerintah dan sektor bisnis di Indonesia, untuk mengembangkan norma standar HAM pada tingkat nasional mengenai peran dan tanggung jawab sektor bisnis di bidang HAM.

 
Jakarta 16  Desember 2004