Kemlu Terima Sertifikasi ISO 9001:2008 dalam Pelayanan Perizinan Penerbangan, Penerbitan Paspor Diplomatik – Dinas, Exit Permit

8/20/2015

001/SP/VIII/2015/53
 
Kemlu Terima Sertifikasi ISO 9001:2008 dalam Pelayanan Perizinan Penerbangan, Penerbitan Paspor Diplomatik – Dinas, Exit Permit
 

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) sekali lagi mempertahankan komitmen tinggi dalam hal pelayanan publik sebagai yang terdepan dalam pelaksanaan Pelayanan Prima. Sertifikasi ISO 9001:2008 dalam hal Pelayanan Perizinan Penerbangan (Flight Clearance) dan Penerbitan Paspor Diplomatik – Dinas dan Exit Permit di Direktorat Konsuler merupakan salah satu dari upaya tersebut. 


Pada tanggal 19 Agustus 2015, dilakukan penyerahan Sertifikasi ISO 9001:2008 dari Badan Sertifikasi BSI (The British Standards Institution) Group by Royal Charter kepada Menteri Luar Negeri RI untuk kemudian diberikan kepada Dirjen Protokol dan Konsuler bertepatan dengan Perayaan HUT Kemlu yang ke 70. 


Proses benah diri dan komitmen peningkatan kualitas pelayanan publik merupakan amanat UU No.25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik telah menjadi bagian dari Kemlu dalam meningkatkan mutu pelayanan. Di sisi lain hal ini menunjukan perjalanan atas profesionalitas dari para staf dalam pelaksanaan tugas yang diemban sehari-hari.


Penguatan pelayanan publik merupakan hal yang akan terus ditingkatkan pada masa kedepannya dan Sertifikasi ISO 9001:2008 Sistem Manajemen Mutu yang diterima pada hari ini merupakan buktinya. Prosesi penyerahan sertifikasi ISO 9001:2008 kepada Menlu RI seakan melengkapi Hari Ulang Tahun RI dan Kemlu yang ke 70, sekaligus menancapkan komitmen untuk selalu melayani lebihbaik. 


Pengembangan kedepan perihal pelayanan publik, khususnya direktorat Konsuler akan selalu berinovasi dalam peningkatan mutu dan kuliatasnya, sekaligus berupaya mempertahankan kualitas dan mutu yang telah diraih pada saat ini.


Jakarta, 19 Agustus 2015