KOMISI BERSAMA TINGKAT MENTERI REPUBLIK INDONESIA â?? REPUBLIK DEMOKRATIK TIMOR-LESTE

7/8/2005

No. 51/PR/VII/2005

Pertemuan Komisi Bersama Tingkat Menteri ke-3 Republik Indonesia - Republik Demokratik Timor-Leste berlangsung di Jakarta pada hari Jum’at, tanggal 8 Juli 2005. Pada pertemuan tersebut, Delegasi RI dipimpin oleh Menteri Luar Negeri RI, Dr. N. Hassan Wirajuda sementara Delegasi Timor-Leste dipimpin oleh Menteri Luar Negeri dan Kerjasama RDTL, Dr. Jose Ramos Horta. Pertemuan Komisi Bersama RI-RDTL tersebut didahului dengan Pertemuan Tingkat Pejabat Tinggi (SOM) pada tanggal 7 Juli 2005.

Komisi Bersama ini adalah sebagai salah satu wadah untuk menyelesaikan masalah-masalah residual kedua negara dan untuk meningkatkan hubungan bilateral kedua negara di masa mendatang, khususnya dalam kerangka ‘forward-looking relationship’ dan ‘good neighbourhood policy’.

Dalam Komisi Bersama ini terdapat 5 (lima) Working Group, yaitu Working Group on Border Issues, Working Group on Trade, Investment and Finance, Working Group on Legal Matters, Working Group on Social, Education ands Culture and Working Group on Transportation and Telecommunication.  Masing-masing Working Group telah membahas agenda pertemuannya secara terpisah.

Hasil dari kesepakatan yang dicapai oleh kedua pihak dalam Pertemuan Komisi Bersama ini dituangkan dalam Joint Statement yang ditandatangani oleh kedua Menteri Luar Negeri.

Pada akhir pertemuan, telah berhasil ditandatangani 1 (satu) buah perjanjian antara RI-Timor Leste, yaitu Perjanjian Kerjasama Kebudayaan dan Pendidikan.

 
Jakarta, 8 Juli 2005