Pemulangan WNI oleh KJRI Johor Baru Selama 2012

KJRI Johor Bahru selama kurun 2012 telah memfasilitasi pemulangan dua WNI/TKI yang sakit serius, tiga orang korban kecelakaan berat dan duapuluh sembilan ibu dengan melahirkan tigapuluh bayi. Terdapat satu ibu melahirkan bayi kembar.

Mereka pada umumnya adalah WNI/TKI berstatus terlantar, tidak mampu membiayai perubatan di rumah sakit, tidak mempunyai majikan dengan ikatan kerja yang sah – sebagian besar tidak memiliki dokumen yang sah – dan mereka yang hamil juga tidak terikat perkawinan yang sah.

Biaya perawatan yang harus dibayar untuk mengeluarkan WNI tersebut dari rumah sakit sangat besar. Bahkan ada satu pasien penderita kasus transverse myelitis dan mengalami kelumpuhan total serta tergantung pada alat bantu pernafasan, menurut keterangan dokter yang menanganinya selama sekitar enam bulan biayanya mencapai lebih sejuta ringgit.

Berkat kerjasama dan hubungan baik yang selalu dijalin dengan pihak rumah sakit di wilayah kerja, utamanya dengan bagian kebajikan atau dinas sosial rumah sakit termasuk dengan Jabatan Dinas Sosial Johor, kebanyakan pasien-pasien tersebut dapat memperoleh keringanan biaya perubatan dan bahkan dibebaskan.

Dari pengamatan dan pengalaman langsung yang dirasakan dan disaksikan oleh KJRI Johor Bahru dalam mengurus WNI/TKI terlantar di Rumah Sakit Pemerintah, tampak bahwa pihak rumah sakit dan seluruh unsur tim medisnya tidak melakukan pembedaan dalam penanganan dan perawatan pasien baik dari segi sosial, ras, agama maupun masalah dokumen keimigrasiannya. (Sumber: KJRI Johor Bahru/sn/ds)