Dubes RI menjadi Juri the London New Year’s Day Parade 2013

Pada tanggal 1 Januari 2013, Dubes Hamzah Thayeb telah menjadi salah satu Juri pada acara the 27th Anniversary of the New Year’s Day Parade. Acara parade ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Mayor of London untuk menyambut tahun baru. London New Year Parade 2013 telah dimeriahkan oleh penampilan lebih dari 6.000 orang performers dari 18 London Boroughs dan dari negara lain dengan menampilkan parade marching band, carnaval penari dan pemusik, penampilan cheer leaders, massed band dan penampilan lainnya yang berparade di sepanjang jalan-jalan utama di London seperti Piccadilly, Piccadily Circus, Lower Regent Street, Trafalgar Square, Whitehall dan Parliament Street.

Parade yang diadakan untuk menandai berakhirnya perayaan Diamond Jubillee, dan merayakan kesuksesan London sebagai tuan rumah Olympic dan Paralympic 2012 tersebut, juga digunakan sebagai ajang kompetisi penampilan Borough-borough di Inggris. Acara tersebut telah dibuka oleh Patron Utama Deputy Lieutenant, Roger Bramble dan The Lord Mayor of the City of Westminster, Councillor Angela Harvey.

The London Borough of Merton meraih juara satu dengan memenangkan hadiah sebesar £ 7.500, sementara untuk peringkat 2 sampai ke 10 diraih oleh The City of Westminster; Barking & Dagenham; Hammersmith & Fulham; Waltham Forest; Camden; Lambeth; Hounslow; Brent; dan Havering.

The 27th Anniversary of the New Year’s Day Parade telah menarik perhatian lebih dari 500.000 orang baik masyarakat London maupun masyarakat internasional lainnya yang memadati jalan-jalan utama di kota London. Acara tersebut juga telah memperoleh liputan luas dari media-media terkemuka baik media cetak maupun elektronik seperti BBC, CNN, FOX News, SKY dan CBS.

Dubes RI telah diundang oleh Mayor of London untuk menjadi salah satu jury pada acara tersebut bersama-sama dengan Dubes Brazil, Dubes China dan dan Dubes Italia. Undangan sebagai jury tersebut merupakan kesempatan langka dan merupakan bentuk pengakuan dan penghargaan pemerintah Inggris atas perkembangan hubungan bilateral UK – Indonesia yang semakin membaik pasca Kunjungan Kenegaraan Presiden RI ke Inggris pada bulan November lalu.

London, 2 Januari 2013