Dubes RI Temui Pramuka Indonesia di Australian Jamboree

Dubes RI Nadjib Riphat Kesoema temui tim Pramuka Indonesia yang menghadiri Australian Jamboree di kota kecil Maryborough di Queensland (5/01). 92 wakil dari Pramuka Indonesia berasal dari aneka Kwartir Daerah seperti dari SMP 199 Jakarta dan Al-Azhar Jakarta.

Acara siang itu dilanjutkan dengan santap siang Dubes RI bersama kontingen Indonesia dalam suasana akrab, didampingi para pengurus dan anggota Scouts Australia serta kontingen Timor Leste yang turut diundang untuk di tenda utama kontingen Indonesia.

"Kontingen Indonesia memuji penyelenggaraan acara, baik dari pelayanan, penyediaan bahan masakan serta fasilitas air bersih dan hiburan", terang anggota kontinen Indonesia dalam rilis kepada Portal Kemlu.

Sebagai tanda persahabatan bagi Pramuka Indonesia, pihak Scouts Australia juga telah membiayai kedatangan dua pramuka remaja asal Indonesia untuk menghadiri Australian Jamboree 2013, yaitu Ilham asal Indramayu di Jawa Barat dan Maya asal Ketapang di Kalimantan Barat.

"Dua pramuka ini berani untuk menggunakan bahasa Inggris dan lancar dalam berinteraksi dengan pramuka asal negara lain, sehingga menjadi duta kecil yang berhasil menggalang hubungan baik antara Pramuka Indonesia dengan pramuka dari negara lainnya di Jamboree tersebut, khususnya Australia".

Pada VIP Reception di malam harinya, wakil dari Scouts Australia berterima kasih atas dukungan yang diberikan Dubes RI selama ini, dan memuji sikap Indonesia bahwa gerakan pramuka dapat melengkapi Diplomasi dalam upaya untuk meningkatkan kerjasama people-to-people.

Dubes RI mendapat kesempatan untuk berterima kasih kepada Scouts Australia atas perhatian baik yang telah mereka berikan kepada kontingen Indonesia serta dua pramuka yang mereka sponsori.

Dubes menjelaskan juga bahwa dengan 21 juta anggota, Pramuka Indonesia adalah yang terbesar di dunia, sebagai hasil dari integrasi kegiatan kepramukaan dalam kurikulum pendidikan dasar.

"Dengan Pramuka Indonesia sebagai mitra terkuat bagi Scouts Australia, kami siap untuk melanjutkan dan mengembangkan hubungan baik kantor-kantor Perwakilan RI dengan Scouts Australia", jelas Dubes Riphat Kesoema.