Perdana, Kejuaraan Pencak Silat Tingkat Nasional di Yaman

 
 
 
 
 
 
 
 
 

​Di penghujung tahun 2013, KBRI Sanaa, bekerjasama dengan Yemen Pencak Silat Federation (YPSF), menyelenggarakan Kejuaraan Pencak Silat tingkat nasional Pertama di Yaman (28-29/12).

Kejuaraan Pencak Silat tersebut diikuti oleh  40 pesilat dari enam provinsi yaitu Provinsi di Yaman yaitu Ibukota Sana'a, Provinsi Sana’a, Taiz, Hudaidah, Lahej, dan Hadhramaut. Sebelum maju ke tingkat nasional, para pesilat tersebut telah mengikuti penyisihan di masing-masing provinsi.

Kejuaraan tersebut dihadiri dan didukung penuh oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Yaman Muhammad Mutahar al-Iryani, sejumlah pejabat teras Kemenpora Yaman, para pecinta Silat dan masyarakat luas Yaman.

Menteri menyampaikan penghargaan atas upaya penyelenggaraan Kejuaraan Pencak Silat, seni bela diri asli Indonesia, serta mengharapkan bantuan Indonesia untuk mengirimkan pelatih dari Indonesia, agar Pencak Silat dapat berkembang lebih baik lagi di Yaman.

Dubes RI, Wajid Fauzi, yang hadir bersama Menteri Pemuda dan Olah Raga Yaman, menyatakan bahwa, "pelaksanaan Kejuaraan Pencak Silat merupakan bukti kuatnya hubungan budaya rakyat Indonesia dan Yaman".

Untuk itu KBRI Sana'a akan terus mendukung pelatihan dan pengembangan Pencak Silat agar dapat tersebar di berbagai wilayah di Yaman. KBRI juga akan berupaya mendatangkan pelatih dari Indonesia guna memberikan pelatihan Pencak Silat kepada masyarakat Yaman.

Dalam Kejuaraan tersebut, Pesilat Indonesia, Muhammad Rizki yang tampil mewakili ibukota Sana'a berhasil menjadi juara pertama Kejuaraan Pencak Silat Tingkat Nasional Pertama di Yaman untuk kelas 55 kg.

Kejuaraan Nasional ini menjadi salah satu sarana untuk mempromosikan Pencak Silat, yang merupakan budaya asli bangsa Indonesia, agar juga dapat berkembang di Yaman.

KBRI Sana'a telah melakukan sejumlah upaya guna mendukung dan meningkatkan pengembangan Pencak Silat di Yaman. Sebelum kejuaraan penyisihan tingkat Ibukota dan Provinsi, KBRI bekerjasama dengan YPSF telah melakukan pelatihan peningkatan kapasitas juri pesilat Yaman bertempat di Ruang Serba Guna KBRI Sana’a (18/12).

Kegiatan ini direncanakan untuk terus diadakan di Yaman setiap tahunnya. Acara Kejuaraan Pencak Silat ini turut pula diliput oleh TV pemerintah dan swasta, sejumlah media massa cetak dan elektronik Yaman. (Sumber: KBRI Sana'a)