K.H. Dr. Ahmad Hasyim Muzadi Berpulang, Keluarga Besar Kemlu Turut Berduka

Menlu Retno atas nama jajaran Kementerian Luar Negeri mengucapkan turut berduka cita atas berpulangnya K.H. Dr. Ahmad Hasyim Muzadi. Semoga Allah SWT menjadikan akhir yang husnul khotimah bagi Almarhum, menerima amal ibadahnya, dan melimpahkan tempat yang mulia di sisi-Nya, serta memberikan kesabaran bagi keluarga yang ditinggalkan."

Selain sebagai penggagas International Conference of Islamic Scholars (ICIS), Almarhum bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri dalam siarkan Islam Rahmatan Lil Alamin melalui Interfaith Dialogue RI dengan kalangan lintas agama dari berbagai negara.

ICIS yang dicetuskan pada tahun 2002 merupakan forum bagi para cendikia Muslim Dunia berdiskusi mencari solusi atas berbagai pemasalahan Umah.

Pada ICIS ke-4, di Malang pada tanggal 23-25 November 2015, yang diselenggarakan bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri, Almarhum selaku Sekjen ICIS menyampaikan peran penting ICIS sebagai wadah second track diplomacy. Dalam kesempatan itu, Almarhum menyerukan agar ajaran Islam sebagai Rahmatan Lil Alamin harus diterapkan secara benar dan utuh.

"Hikmah diplomasi adalah perdamaian dan solidaritas umat manusia" 

"The ultimate wisdom of diplomacy is peace and solidarity among humankind"

(KH Dr Hasyim Muzadi)​