Friends of Indonesia Buat Indonesia Makin Populer di Bulgaria

 
 
 
 
 
 
 
 
 

​​“Survey menunjukkan bahwa Indonesia semakin popular di Bulgaria. Hal ini antara lain berkat dukungan dan kerjasama ‘Friends of Indonesia’ dalam promosi Indonesia di Bulgaria”. Demikian dikatakan Dubes RI Sofia, Bunyan Saptomo, dalam sambutannya pada acara menyongsong pergantian Tahun Baru 2014 (31/12).

Pernyataan Dubes Bunyan tersebut merujuk hasil survey yang dilakukan KBRI Sofia akhir tahun ini dengan responden sebagian besar dari kalangan mahasiswa Bulgaria.

Kegiatan perayaan Tahun Baru yang diadakan di Wisma Duta ini dihadiri oleh staf KBRI Sofia dan keluarga, masyarakat Indonesia di Sofia, serta ‘Friends of Indonesia’ yang terdiri dari anggota grup tari Pesona Mawar Nusantara (PMN), dan anggota Klub Nusantara.

Dubes Bunyan juga menyampaikan terima kasih kepada Klub Nusantara dan PMN yang selama ini telah turut membantu dan bekerjasama mempromosikan Indonesia melalui kegiatan bersama dengan KBRI Sofia.

Tahun ini perayaan Tahun Baru menjadi spesial karena diisi tidak hanya dengan penampilan Tari “Tenun” tetapi juga penampilan grup gamelan KBRI yang membawakan musik dengan tema “Bulgantara (Bulgaria-Nusantara)”.

Kedua paket seni tersebut dipersiapkan dalam waktu singkat (sekitar 2-3 minggu) dengan pelatih Dr. I Nyoman Chaya, dosen ISI Surakarta yang ditugaskan melatih tari di KBRI Sofia selama 4 bulan.

Demikian juga bagi Dr. Chaya, penampilan anak asuhnya pada malam tersebut sangat spesial, karena para penari telah memperlihatkan penguasaan tari sesungguhnya, yang bagi pelajar asing dirasakan sangat sulit.

Tari Tenun yang ditampilkan merupakan tarian baru bagi anggota grup tari Pesona Mawar Nusantara (PMN) yang sebagian besar dibawakan oleh pelajar Bulgaria, sedangkan musik gamelan dibawakan oleh staf KBRI dan keluarga serta beberapa pelajar Bulgaria.

Para undangan yang hadir menyampaikan apresiasinya dan kepuasannya atas pertunjukkan seni (tari dan musik) yang disuguhkan pada malam tersebut. (Sumber: KBRI Sofia)