Official and Diplomatic Visas

​​

PENERBITAN VISA DINAS/DIPLOMATIK

Perwakilan RI dapat menerbitkan visa dinas/diplomatik untuk WNA pemegang paspor diplomatik atau dinas atau paspor United Nations Laissez-Passer di AS yang akan melakukan kunjungan-kunjungan yang bersifat diplomatik, kedinasan atau penempatan (posting) di Indonesia. Visa diplomatik dan dinas tidak dapat digunakan untuk kunjungan yang tidak resmi.

Berdasarkan asas resiprositas, biaya pengurusan visa dinas atau diplomatik di Perwakilan RI adalah gratis.

A. Visa Dinas dan Diplomatik Non Penempatan

SYARAT

1.   Paspor asli dengan masa berlaku minimal 6 bulan untuk single-entry dan 1 tahun untuk multiple-entry, serta minimal satu halaman kosong untuk menempelkan visa.

2.   Berkas-berkas yang harus dilengkapi:

  1. Mengisi formulir aplikasi
  2. Pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang putih sebanyak 2 lembar, ukuran 2x2 inci (tidak boleh distaple)

3.  Nota diplomatik dari Kemlu AS, Kedutaan Besar, atau organisasi internasional terkait, yang dilampiri dengan keterangan singkat pemohon mengenai nama dan tanggal lahir; gelar dan jabatan; lokasi tujuan penempatan/penugasan; tujuan perjalanan; gambaran singkat tugas; tanggal perjalanan; lama tinggal; serta nama, hubungan, tanggal lahir, dan tanggal perjalanan tanggungan atau anggota keluarga lain yang akan mendampingi atau bergabung dengan pemohon.

B. Visa Dinas dan Diplomatik Penempatan

SYARAT

1. Paspor asli dengan masa berlaku minimal 6 bulan untuk single-entry dan 1 tahun untuk multiple-entry, serta minimal satu halaman kosong untuk menempelkan visa.

2.   Berkas-berkas yang harus dilengkapi:

  1. Mengisi formulir aplikasi
  2. Pas foto berwarna terbaru dengan latar belakang putih sebanyak 2 lembar, ukuran 2x2 inci (tidak boleh distaple)

3. Nota diplomatik dari Kemlu AS, Kedutaan Besar, atau organisasi internasional terkait, yang dilampiri dengan keterangan singkat pemohon mengenai nama dan tanggal lahir; gelar dan jabatan; lokasi tujuan penempatan/penugasan; tujuan perjalanan; gambaran singkat tugas; tanggal perjalanan; lama tinggal; serta nama, hubungan, tanggal lahir, dan tanggal perjalanan tanggungan atau anggota keluarga lain yang akan mendampingi atau bergabung dengan pemohon.

4. Setelah menerima aplikasi, Perwakilan RI selanjutnya mengirimkan permohonan otorisasi ke Pusat. Visa dinas dan diplomatik untuk penempatan hanya dapat dikeluarkan setelah ada arahan dan persetujuan tertulis dari Pusat.

5.  Bagi pemohon yang akan berkunjung ke Indonesia selama lebih dari 60 hari dan bagi pemohon yang berasal dari militer, memerlukan otorisasi ke Pusat.​